Jumat, 26 Juli 2013

Manfaat dan Kandungan Daun Katuk


Daun katuk tergolong jenis sayuran khas di daerah tropis. Mudah sekali ditanam dan biasanya ditanam disekeliling pekarangan atau kebun. Yang digunakan sebagai sayuran adalah bagian pucuk yang daunnya masih muda dan lunak. Daun katuk dapat dikonsumsi berupa sayur bening bersama labu air atau oyong yang memberikan rasa segar atau sebagai sayur santan.

Kandungan daun katuk

Daun katuk dapat mengandung hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun ini kaya vitamin K, selain pro-vitamin A (beta-karotena), B, dan C. Mineral yang dikandungnya adalah kalsium (hingga 2,8%), besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Warna daunnya hijau gelap karena kadar klorofil yang tinggi. Daun katuk dapat diolah seperti kangkung atau daun bayam. Ibu-ibu menyusui diketahui mengonsumsi daunnya untuk memperlancar keluarnya ASI. Perlu diketahui, daun katuk mengandung papaverina, suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu (opium). Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan papaverin.

Manfaat daun katuk
  1. Dapat Mencegah osteoporosis
  2. Efektif melancarkan ASI
  3. Mengandung kadar kalsium yang tinggi
  4. Mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza
  5. Kaya senyawa yang dapat meningkatkan mutu dan jumlah sperma, serta mampu membangkitkan vitalitas seksual
  6. Terdapat tujuh senyawa aktif yang merangsang produksi hormon-hormon steroid dan senyawa eikosanoid
  7. Sebagai Sumber vitamin A yang diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, reproduksi, serta menjaga kesehatan kulit
  8. Senyawa utama tubuh untuk pembuatan kolagen (protein berserat pembentuk jaringan ikat pada tulang), pengangkut lemak, pengangkut elektron, pemacu gusi yang sehat, pengatur tingkat kolesterol, serta pemacu imunitas. Juga untuk penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal
  9. Daun katuk kaya akan klorofil, paling banyak diantara jenis tanaman lain. Klorofil membersihkan jaringan tubuh dan tempat pembuangan sisa limbah metabotisme, sekaligus mengatasi parasit, bakteri, dan virus yang ada dalam tubuh manusia. Turunan klorofil feoditin berfungsi sebagai antioksidan. Turunan lainnya chlorophyllide menggali ke dalam sel atau jaringan dan mengangkat senyawa hidrokarbon, seperti pestisida, timbunan obat, parasit, bakteri, bahkan virus dari dinding sel serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  10. Di taiwan dan di amerika daun katuk ini di gunakan sebagai pelangsing tubuh (Obat anti obesitas).
  11. Penelitian terbaru dari Dr.Drh.Agik Suprayogi dari IPB mengungkapkan, bahwa daun katuk (Sauropus androgynus) dapat menanggulaingi penyakit kurang darah atau anemia. Masuk akal karena daun katuk termasuk pahan pangan yang tinggi zat besi. Setiap 100 g zat daun katuk mengandung sekitar 2.7 mg zat besi. Sementara kandungan kalsium daun katuk sebanyak 204 mg atau empat kali lebih tinggi dibandingkan kandungan mineral dari daun kol. Sedangkan manfaat lain dari daun katuk adalah, dapat mencegah dan memperbaiki ganguan reproduksi pada wanita dan pria. Daun katuk juga dapat menghambat penyakit jantung serta ganguan pembuluh darah. Katuk juga meningkatkan efisiensi absorpsi saluran pencernaan.


10 komentar:

  1. informasi yang sangat bagaus dan menarik se]kali untuk di baca

    BalasHapus
  2. saya suka sekalai degan artikelnya singkat dan jelas

    BalasHapus
  3. bagus tulisan artikelnya rapih dan jelas apa yang di sampaikannya...

    BalasHapus
  4. Terimakasih Infonya Bermanfaat Sekali

    BalasHapus
  5. banyak daun katuk di deket rumah ku,sudah lama kami sering membuat sayuran dengan daun katuk..Blog nya bagus,kebetulan juga saya sering baca buku tanaman obat

    BalasHapus
  6. @ All

    Terima kasih atas kinjungan nya.............

    BalasHapus
  7. Best content & valuable as well. Thanks for sharing this content.
    Approved Auditor in DAFZA
    Approved Auditor in RAKEZ
    Approved Auditor in JAFZA
    i heard about this blog & get actually whatever i was finding. Nice post love to read this blog
    Approved Auditor in DMCC

    BalasHapus
  8. Always look forward for such nice post & finally I got you. Really very impressive post & glad to read this.
    Architects in Indore
    Civil Contractors in Indore

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.