Selasa, 27 Maret 2012

MANFAAT MANDI FAJAR




Jumpa lagi sobat herbal  semua, dunia herbal memang sangat menarik untuk dibicarakan setelah pada tulisan yang lalu kita membahas tentang manfaat demam dan herbal pereda demam maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas satu aktivitas yang mungkin bagi sebagian orang sudah menjadi kebiasaan yang senantiasa dilakukan. Tetapi mungkin ada juga sebagian orang yang jarang melakukannya atau bahkan tidak pernah sama sekali, aktivitas tersebut adalah mandi fajar / mandi pagi sekitar jam 4 pagi sebelum waktu subuh. Mengapa kita merasa perlu untuk membahasnya, karena ternyata mandi pagi sebelum fajar sangat banyak manfaat dan khasiatnya. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat dari mandi fajar.


Fajar adalah periode waktu  yang mendahului matahari terbit, indikasi dari waktu fajar ini adalah adanya cahaya matahari yang lemah karena matahari masih berada dibawah horizon. Berikut ini adalah beberapa definisi teknis  dari waktu fajar :

Fajar Astronomi
Fajar astronomi adalah periode waktu dimana langit sudah tidak gelap secara total, atau secara format ilmu astronomi didefinisikan sebagai waktu dimana matahari berada 18 derajat dibawah horizon.

Fajar Nautikal
Fajar nautical adalah waktu dimana terdapat cukup cahaya matahari untuk membedakan antara horizon dan objek – objek yang berada di horizon, dan secara ilmu astronomi dikatakan sebagai waktu dimana matahari  berada 12 derajat dibawah horizon.

Fajar Sipil
Fajar sipil adalah waktu dimana terdapat cukup cahaya matahari untuk membedakan objek – objek dan cukup cahaya dimana manusia dapat beraktivitas diluar rumah dengan baik. Dan secara formal didefinisikan sebagai waktu dimana matahari berada 6 derajat dibawah horizon dipagi hari. Fajar berbeda dengan matahari terbit dimana sisi matahari sudah mulai terlihat diatas horizon.

Dr. Abdul Hamid Dayyat, dan Universitas Kairo Mesir menjelaskan manfaat kesehatan yang diperoleh seseorang dari aktivitas bangun pagi ( fajar ) dan mandi pada waktu fajar, diantaranya adalah gas O3. Pada waktu fajar kandungan gas O3 sangat melimpah kemudian berkurang sedikit demi sedikit hingga habis ketika matahari terbenam pada sore hari. Gas O3 mempunyai pengaruh yang positif pada urat syaraf, mengaktifkan  kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar maka akan merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada tara .

Sementara itu dari beberapa penelitian didapati kesimpulan bahwa sebaiknya seseorang membiasakan mandi pagi dengan air dingin, karena mendi pagi dengan air dingin memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah :

Mampu melancarkan peredaran darah
Menurut hasil  penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, bila seseorang terbiasa mandi pagi dengan air dingin maka peredaran darahnya akan menjadi lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar.

Mampu meningkatkan sel darah putih
Mandi dengan air dingin pada pagi hari akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh yang berakibat meningkatnya daya tahan tubuh dalam melawan virus yang masuk kedalam tubuh. Tubuhpun akan menjadi lebih sehat dan bugar.
Mampu menurunkan resiko darah tinggi
Mandi dengan air dingin juga mampu menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah, hal ini terjadi karena air dingin akan melancarkan sirkulasi darah keseluruh organ – organ tubuh.

Mampu meningkatkan kesuburan
Mandi dengan air dinginpun memiliki efek positf bagi kesehatan reproduksi, karena mandi dengan air dingin dapat meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria dan hormon estrogen pada wanita yang berpengaruh pada meningkatnya kesuburan dan gairah seksual.

Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh
Kebiasaan mandi dengan air dingin pada pagi hari juga berdampak positif bagi jaringan tubuh manusia, jaringan kulit akan membaik tidak kering dan menjadi lebih kenyal / lembab. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda hitam pada lingkaran bawah mata sehingga wajah terlihat lebih cerah.

Membuat rambut lebih sehat
Apasih yang terjadi dengan rambut bila dibilas dengan air dingin ? ternyata air dingin dapat menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Air dinginpun mampu melindungi rambut dari kotoran – kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala, dengan demikian rambut akan lebih sehat dan kuat.

Meredakan Depresi
Mandi dengan air dingin juga berpengaruh pada jiwa, menjadikan jiwa dan pikiran lebih tenang dan bersemangat menjalankan aktivitas sehari – hari.

Demikian beberapa manfaat mandi fajar dengan air dingin, yang ternyata memberikan dampak baik bagi kesehatan. Untuk itu mari kita membiasakan diri untuk mandi dipagi hari / fajar dengan air dingin. Semoga yang sedikit ini memberi manfaat sekian dan terimakasih.

57 komentar:

  1. sangat bermanfaat ternyata mandi fajar menurut ilmu kesehatan ya bang.... insya Allah saya praktekkan nih bang...makasih dan salam sehat selalu

    BalasHapus
  2. alhamdulillah ...semoga nanti saya bisa praktekkan mas

    BalasHapus
  3. memang kan mandi pagi banyak manfaatnya ya,,, lebih seger lagi hehehe..

    BalasHapus
  4. PAgi sob, Salam kenal. ada yg baru nih buat anda yg mau iklan gratis dan cari info diskon.^ ^

    BalasHapus
  5. waw.. sy baru tau kalo ternyta itu sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. @Kang Farhan....betul sekali kang..manfaatnya banyak...salam sehat

    @MasChandra....OK sob praktekin aja semoga tambah sehat dan segerrrrr...

    @duniasharing...yoi...tambah seger mang...

    @Kasihdiscount....OKsob nti ane pelajari dulu...makasih ya

    @arif ahsan....manfaatnya banyak sob jangan ragu - ragu mandi pagi pake air dingin segerrrrr..

    BalasHapus
  7. Hmm, ternyata emang bener yah sobat banyak manfaatnya. Dulunya ane cuman denger2 kayak kabar angin aja tuh. Ternyata emang bener, makasih kang

    BalasHapus
  8. ihni ni yang susah, saya itu kalo mandi kurang dari jam 9 pasti jatoh sakit,, knp ya?

    BalasHapus
  9. Saya selalu mandi waktu mau sholat subuh bang, sebenarnya supaya gak kucel dan seger aja sih tujuannya. Tapi dari uraian manfaat mandi fajar ini, jadi makin semangat untuk mandi pagi buta deh hehehe..

    Makasih artikelnya ya bang... mangstab :)

    BalasHapus
  10. @alexis....syukron katsir sobat....

    @blog panik...denger dari siapa sob...hehehehe...salam sukses

    @joena....silahkan di coba biar tambah sehat

    @ale kaleng...wah repot juga ya...bsok kalo dah jadi penganten harus mandi pagi sebelum subuh lho...kan abis itu......

    @ruang inspirasi....wah kebiasaan bagus itu sob...lanjutkan....semoga tambah sehat

    BalasHapus
  11. wah,info bermanfaat nie, tp klo masih pagi2 dingin..hehehe

    BalasHapus
  12. Saya sudah lama sekali tidak melakukannya. Terima kasih infonya :)

    BalasHapus
  13. It is my pleasure to visit you, happy thursday dear friend, take care

    BalasHapus
  14. Bener bang, kalo bisa memperlancar peredaran darah, pasti juga sehat buat jantung...

    BalasHapus
  15. ternyata mandi fajar banyak manfaatnya ya bang

    BalasHapus
  16. @Nur Aiyda....hehehe iya sob dingin mandinya aja pake air dingin...tapi sueggerrrr...makasih ya

    @lina@happy famly....wah sayang sob kebiasaan baik jangan ditinggal ayo mulai lagi...biar tambah sehat

    @berlin info....OK sobat kunjungan diterima thanks ya

    @Joey...thanks qyu...

    @Uniknya....betul sob mari kita budayakan mandi pagi...biar sehat badan

    @SEOrealita...iya sob banyak sekali manfaatnya...makasih ya dan berkunjung salam sehat selalu

    BalasHapus
  17. weww?? jadi mandinya sebelum shubuh gitu??
    iihh waaww.. dingiinn bangeett dong om :O
    *makanya males mandi pagi :D

    BalasHapus
  18. Pagi sob, yg mau pasang iklan gratis dan cari info diskon.^ ^

    BalasHapus
  19. nice posting sob. kunjung baliknya dituggu nih

    BalasHapus
  20. artikelnya menarik, terima kasih infonya yah, salam persahabatan :)

    BalasHapus
  21. wih ternyata saya terlalu meremehkan mandi pagi. malah kalo berangkat sekolah jarang mandi. ahihihihi

    cocok tu yang poin "menyuburkan tubuh"

    ahihihi

    BalasHapus
  22. Wah mmpung msih subuh, Mandi ah, hehehe, tp dingin bgt, ,

    BalasHapus
  23. @chequita chiproet....hahaha...so pasti dinginlah...tapikan biar sehat sob...mandi ya...

    @kasih diskon...OK sobat makasih...

    @yuyud....thanks sob...tunggu aja kedatangan nya hehehe...

    @regent renaldo...OK sobat thanks ya...salam persahabatan diterima

    @zero....waduh...bisa membahayakan orang lain tuh sob hehehehehe...OK sobat thanks ya dah berkunjung

    @galih...ayo mandi biar seger....thanks dah hadir di gubug ane....

    BalasHapus
  24. wah klo saya senengnya mandi petang ada manfaatnya gak sob? hehehe

    BalasHapus
  25. Terima kasih infonya, benar kata orang tua dulu kita disuruh mandi malam kalau sedang ada hajat atau keinginan kepada Allah.

    BalasHapus
  26. wahhh ternyata ada manfaatnya juga ketika kita mandi fajar.....

    makasih banget ya sob infonya.

    BalasHapus
  27. mandi pagi memang menyehatkan, apalagi pake shower / air pancuran itu lebih baik lagi :)
    sukses sob....

    BalasHapus
  28. ternyata banyak juga ya manfaatnya,nyesel ane jarang mandi pagi..hehehehe,thanks infonya gan

    BalasHapus
  29. Lusia Yotista....wah kalo mandi sore manfaatnya apa ya...seger kali ya...hehehhe..

    @Zhey five...betul sob..manfaatnya banyak termasuk sunnah Nabi kita saw...

    @tasbih...betul sob...kalo pake pancuran seperti di pijitin ya...hehehe..

    @dhlondhenk...hehehehe...masa sih jarang mandi pagi...acem dong

    BalasHapus
  30. artikel yang bagus sangat berguna
    trimd

    BalasHapus
  31. @Rustadhie....makasih pak...salam sehat

    BalasHapus
  32. @seno...iya sob...bangun malam trus mandi...dah seger munajad deh sama Alloh..

    @nomad...makasih atas kunjungannya

    @Fahmi setiawan...banyak sob...besok pagi jangan lupa mandi ya...wkwkwkwkkwwk...salam sehat dan sukses selalu

    BalasHapus
  33. mandi pagi-pagi memang menyehatkan, apalagi sebelum sholat subuh. segarnya...

    BalasHapus
  34. @sweethy amore...betul sob...mandi pagi segerrrrr...jadi semangat terus

    BalasHapus
  35. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus
  36. @outbound...betul sob...thanks ya...

    BalasHapus
  37. wah tanpa disangka ternyata mandi fajar benar2 membawa manfaat luar biasa. beruntunglah kita2 yang membiasakan mandi di saat fajar termasuk saya :)

    BalasHapus
  38. A.Antos...iya sob...ane juga ngrasain seger banget kalo mandi pagi hari buta....

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. mampir sini gan lasidroid.blogspot.com

    BalasHapus
  41. @lasidroid..makasih sob atas kunjungannya..salam sehat

    BalasHapus
  42. Matur suwun atas kabaripun...
    salam kenal...

    BalasHapus
  43. @Yamaha...salam kenal juga sobat...

    BalasHapus
  44. Sepertinya perlu dicobak, tapi sulit banget bangun jam 4

    BalasHapus
  45. Penjelasan yang bagus dan mudah dimengerti, ditunggu lagi artikel baguisnya Gan...

    BalasHapus
  46. @All
    terimakasih atas kunjungan nya ya...salam sehat buat semua

    BalasHapus
  47. Info yang sangat bermanfaat
    harus dibiasakan ya biar sehat

    BalasHapus
  48. terima kasih,....artikelnya sangat bermanfaat untuk orang banyak..

    BalasHapus
  49. @ All

    Terima kasih semua....sudah berkunjung

    BalasHapus
  50. Obat Stroke Iskemik Herbal Alami adalah sebuah solusi untuk anda yang bingung mencari obat untuk mengatasi penyakit stroke, selain itu ada juga Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Herbal yang memang banyak dicari karena sekarang ini banyak sekali penderita penyakit stroke ringan. Obat Stroke Tradisional Alami Ampuh, memang sangat ampuh karena terbuat dari bahan-bahan tradisional. Obat Untuk Stroke Ringan Yang Manjur juga sangat ampuh untuk mengatasi stroke ringan. Untuk itu Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional sangat membantu sekali untuk pengobatan penyakit stroke. Obat Mujarab Untuk mengobati Penyakit Stroke merupakan sebuah obat mujarab yang banyak dijadikan alternatif oleh banyak orang, Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional dan Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Stroke ini sudah banyak membantu orang-orang yang mengidap penyakit stroke dengan menggunakan Obat Untuk Penyakit Stroke Paling Ampuh. Obat Herbal Untuk Penderita Penyakit Stroke ini sangat aman, karena terbuat dari bahan alami yang 100% herbal. Obat Tradisional Untuk Penyakit Stroke Berat pun tersedia untuk anda yang memang mengalmai stroke berat. Untuk itu baik Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Penyakit Stroke, Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Maupun Berat, ataupun Obat Herbal Yang Mampu Untuk Mengobati Penyakit Stroke sangat baik dan berkhasiat sangat tinggi untuk mengobati penyakit stroke hingga tuntas.

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.