Sabtu, 14 Januari 2012

Madu dan Royal Jelly


     Jumpa lagi di blog yang sederhana ini, dan kali ini saya akan berbagi info kepada sobat herbal semua tentang madu dan royal jelly. Madu dan royal jelly sebenarnya di hasilkan oleh lebah untuk kepentingan mereka sendiri, namun setelah diketahui bahwa madu dan royal jelly juga baik untuk kesehatan manusia maka madu dan royal jelly menjadi salah satu unsur yang paling utama dalam bidang kesehatan yang mengambil metode herbal. Dan berikut ini adalah sedikit informasi tentang madu dan royal jelly.


     Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa lebah memproduksi madu dan royal jelly adalah untuk kelangsungan hidup mereka, royal jelly berupa  cairan berwana putih yang kaya akan nutrisi yang disekresi oleh lebah pekerja dan diberikan kepada semua larva lebah.  larva lebah yang terpilih untuk menjadi  ratu lebah akan diberikan royal jelly lebih banyak dari larva – larva yang lain yang kemudian akan menjadi makan satu – satunya sang ratu lebah selama hidupnya. Sedangakan madu adalah hasil sampingan dari nectar yang dikumpulkan oleh lebah pekerja dan menjadi makanan seluruh lebah dewasa selain ratu lebah dan biasanya para lebah menyimpan madu dan royal jelly yang mereka hasilkan untuk persediaan pada musim dingin dimana tidak ada bunga yang menghasilkan nectar.

     Madu merupakan produk gula yang terdiri dari dua macam gula sederhana yaitu dektrosa dan levulosa yang larut dalam air. Proses pembuatan madu yang dilakukan oleh lebah adalah dengan cara memuntahkan dan me-rehydrating nectar yang mereka kumpulkan dengann bantuan enzim invertase. 11 samapai 22 jenis asam amino terkandung didalam madu termasuk 8 asam amino esnsial yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia. Sedangkan  royal jelly mengandung air, asam amino, gula sederhana dan asam lemak, selain itu royal jelly juga mengandung mineral, enzim, koponen anti bakteri dan anti biotik dan sejumlah vitamin C. kandungna lengkap yang terdapat pada royal jelly sangat baik untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, sangat baik untuk hati, ginjal, pankreas serta penyakit dan gangguan lainya. Sedangkan madu memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang baik diguanakan untuk luka pada kulit dan radang tenggorokan.

     Satu lagi sobat herbal, royal jelly adalah satu – satunya sumber alami asetikolin dari luar system syaraf manusia, asetikolin merupakan neurotransmitter yang ditemukan pada system syraf perifer dan system syaraf pusat. Asetikolin membantu sel mengirim pessan dalam tubuh dan sangat membantu untuk proses belajar karena membantu meningkatkan daya ingat, dan royal jelly dapat menjadi penghambat yang efektif terhadap pertumbuhan sel kanker.  Sekian….

Semoga bermanfaat dan jangan lupa minum madu ya…

0 komentar:

Posting Komentar

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.