Kamis, 19 Januari 2012

Makanan Jantung Sehat


     Sobat herbal, berbicara tentang kesehatan memang tidak akan ada habisnya selama manusia masih hidup selama itu pula kesehatan akan menjadi sesuatu yang penting. Dan salah satu penyebab orang menjadi sehat adalah dia memiliki jantung yang sehat bukan jantung yang berpenyakit. Memelihara kesehatan jantung bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan berolah raga secara teratur, makan makanan yang sehat dan bergizi, pola hidup dan pola makan yang baik, tidur secara teratur, tidak merokok dan lain sebagainya. Atau bisa juga dengan cara kita mengkonsumsi makanan yang memang secara khusus memberikan pengaruh baik terhadap jantung, mau tahu jenis makanan apa saja yang baik untuk jantung…simak yang satu ini…


-          Ikan salmon
Bagi anda yang memang suka dan terbiasa mengonsumsi ikan, ada baiknya anda mencoba ikan yang satu ini yaitu ikan salmon. Mengapa harus ikan salmon, karena daging ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi yang dapat mengurangi tekanan darah secara efektif serta menjaga kelancaran aliran darah. Mengkonsumsi ikan salmon sekurang – kurangnya 2 kali dalam seminggu dapat mengurangi resiko serangn jantung hingga sepertiga.

-          Oatmeal
Semangkuk oats, kaya akan asam lemak omega 3, potassium dan folat. Oats juga mengandung serat yang tinggi yang dalam beberapa hasil penelitian serat dapat menurunkan kadar LDL ( kolesterol jahat ) dan dapat pula memjaga aliran arteri tetap bersih. Oats juga mengandung vitamin dan mineral, oats juga merupakan sumber protein, kalsium, besi, magnesium,  seng, thiamin, folacin dan vitamin E. Oats adalah biji – bijian murni yang sangat baik apabila kita mengkonsumsinya karena akan menyehatkan jantung kita sehat.


-          Kacang
Jenis kacang – kacangan juga sangat baik untuk kesehatan jantung mulai dari kacang kenari, kacang hazel, mecademia dan jacang mete. Kesemuanya ini mengandung omega 3 serta lemak tak jenuh ganda dan tunggal.

-          Alpukat
Alpukat juga sangat baik untuk kesehatan jantung, karena mengandung lemak nabati. Dan lemak nabati kita perlukan karena dapat menurunkan kadar LDL ( kolesterol jahat ) dan menaikan kadar HDL ( kolesterol baik ) dalam darah.

-          Minyak zaitun
Sudah tidak diragukan lagi manfaat minyak zaitun, selain baik untuk kecantikan minyak zaitun juga baik untuk kesehatan tubuh terutama organ jantung. Kandungan lemak tak jenuh ganda yang terdapat pada minyak zaitun dapat menurunkan kadar LDL yang pada akhirnya dapat menurunkan resiko serangan jantung.


-          Bayam
Bayam juga bisa digunakan sebagai salah satu makanan sehat bagi jantung, bayam dapat membantu detak jantung dalam kondisi yang  terbaik. Kandungan lutein, kalsium, folat dan serat yang tinggi membantu mengoptimalkan kinerja jantung. Diantara banyaknya jenis sayur – sayuran, bayam merupakan sayuran yang memang dapat diandalkan untuk menjaga kesehatan jantung, warnanya yang hijau gelap berasal dari kumpulan phytochemical, vitamin dan mineral ( folat dan besi ) yang berfungsi sebagai penangkal penyakit, melindungi serangan jantung.


-          Biji – bijian
Banyak mengkonsumsi aneka biji – bijian juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung karena biji – bijian mengandung omega 3, kalsium dan serat larut air yang tinggi seperti kacang merah, kacang polong dan kacang hijau.


-          Aneka buah beri
Beri biru rapsberi, strawberi sangat kaya dengan zat anti peradangan yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Semua jenis buah beri sangat baik untuk kesehatan jantung namun yang paling member dampak adalah beri hitam dan biru karena mengandung antocyanin dan anti oksidan serta banyak mengandung vitamin C.


-          Kedelai
Kacang kedelai mengandung lemak tak jenuh yang kaya akan protein yang ampuh dalam  menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kedelai baik dalam bentu tempe, tahu maupun susu hendaknya menjadi makanan utama kita sehari – hari. Protein kedelai dapat menurunkan trigliserida sehingga mencegah penyakit kardiovaskular yang menjaga jantung tetap kuat dan sehat. Kedelai juga baik bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi karena protein kedelai kaya akan lemak poliumsaturated, serta, vitamin dan mineral, namun juga harus tetap diperhatikan kandungan garamnya, karena beberapa proses pengolahan kedelai ada yang mencampurkan sodium yang dapat menaikan tekanan darah.

-          Coklat
Jenis makanan lain yang dapat menyehatkan jantung adalah coklat, coklat mampu menurunkan LDL ( kolesterol jahat ) dan trigliserida serta manikkan kadar HDL ( kolesterol baik ). Coklat atau kakao mengandung anti septic fenol, senyawa anti inflamasi yang membuat lemak teroksidasi dalam aliran darah sehingga dapat menyumbat pembukuh darah. Coklat yang dimaksud disini adalah coklat  murni seperti dark chocolate bukan coklat yang sudah diolah seperti milk coklat karena sudah banyak mengandung pemanis buatan dan cream.


-          Teh hijau
Teh hijau dapat pula dijadikan sebagai minuman kesehatan yagn kaya akan manfaat, teh hijau memiliki kadar kafei lebih rendah bila dibanidngkan dengan teh hitam dan jenis teh yang lainya walaupun semua teh mengandung anti oksidan seperti vitamin A, C  dan E serta mengandung flavonoid ( senyawa organic yang mampu melarutkan karsinogen dan melawan sel kanker )


-          Jeruk
Buah jeruk juga sangat baik untuk kesehatan khususnya kesehatan jantung, flavanon yang terdapat pada buah jeruk dikenal sebagai antioksidan aktif yang mampu menurunkan kadar kolesteroh jahat. Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah jeruk, grape dan lemon sebelum beralih ke obat statin ( obat penurun kolesterol )


Dintara jenis makan yang sudah kita sebutkan diatas anda hanya cukup mengonsumsi salah satunya atau beberapa diantaranya saja tidak harus semua jenis makanan tadi kita konsumsi semua. Cukup sekian semoga informasi yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Sekian terima kasih.

Silahkan untuk membagikan artikel ini kepada teman – teman sobat agar lebih banyak lagi yang mengetahui makan yang baik untuk kesehatan jantung.

7 komentar:

  1. artikelnya bagus bos..ijin kopas ya..

    BalasHapus
  2. ya silahkan bos...txs dah mau kunjung

    BalasHapus
  3. slmt pagi..artikelnya bagus gan, terutama buat diriku yg sudah tua ini...trimakasih...salam..

    BalasHapus
  4. @aweethy....sama - sama sobat...salam sehat selalu

    BalasHapus
  5. terimakasih atas info'a, smoga bermanfaat untuk saya & pembaca lainnya.

    BalasHapus
  6. @Indonesia ku...makasih sobat...semoga saja bemanfaat...

    @iyut...semoga saja sob...makasih dah berkunjung

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.