Sabtu, 21 Januari 2012

Perbedaan Lemak dan Kolesterol


     Sobat herbal….. sudah tahu belum perbedaan antara kolesterol dan lemak, kolesterol dan lemak itu sebenarnya sama atau tidak ?  masih ada yang bingungkan…sudah tidak usah  Bingung - bingung setelah membaca artikel ini dijamin bingungnya langsung hilang, tidak percaya..buktikan.


     Memang istilah lemak dan kolesterol sangat sering kita dengar, bisa dari keluarga kita, tetangga kita atau mungkin dari dokter pribadi kita. Dan kolesterol sangat terkenal khususnya beberapa tahun belakangan ini dimana banyak pasien yang datang berkonsultasi kepada dokter lalu kemudian di vonis bahwa penyakt yang dideritanya akibat dari kadar koleterol dalam darah yang melebihi batas normal. Atau bisa juga para dokter mengatakan bahwa kita kelebihan lemak, lalu apa sebenarnaya beda anatara kolesterol dan lemak.

     Lemak biasa disebut dengan lipid satu jenis zat yang kaya akan energy. Kandungan energy yang terdapat pada lemak itulah yang kemudian digunakan oleh tubuh kita sebagai sumber energy untuk melakukan proses metabolisme tubuh. Secara lebih rinci lemak dapat dibagi dalam beberapa jenis yang mempunyai struktur kimia berbeda yang pertama adalah lemak  sederhana yaitu monigliserida, digliserida dan trigliseida. Yang kedua lemak majemuk yaitu fosfolipid dan lipoprotein dan yang ketiga adalah turunan lemak salah satunya adalah kolesterol. Jadi kolesterol adalah salah satu sub bagian dari lemak. Walaupun kolesterol masuk kedalam golongan lemak atau lipid, akan tetapi keduanya merupakan substansi yang berbeda, satu jenis makanan bisa saja tinggi kandungan lemaknya tetapi bebas kolesterol dan sebaliknya.

Lalu apasih kolesterol itu…?

Dari struktur kimianya, kolesterol dapat diartikan sebagai senyawa lemak yang kompleks. Sebagian besar kolesterol yang terdapat didalam tubuh manusia berasal dari tubuh itu sendiri, organ hati merupakan penyumbang kolesterol terbesar sekitar 80 % dan 20 % nya berasal dari makanan yang kita makan. Kolesterol tidak selalu berbahaya karena tubuh kita juga memerlukan kolesterol untuk membuat hormone sex, membentuk dinding sel dan sebagainya. Sesuatu dapat dikatakan buruk apabila sudah melebihi batas normal yang dibutuhkan, kolesterol dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk tubuh kita dan akan berubah menjadi masalah ketila kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal. 

sampai disini dulu ya...semoga bermanfaat artikel selanjutnya kita bahas tentang jenid - jenis kolesterol....Insya Alloh...

8 komentar:

  1. Mantep nih mas...sukses selalu.

    BalasHapus
  2. makasih mas dani....sukses juga bwat ms dani...

    BalasHapus
  3. artikel yang sangat menakjubkan .
    izin disimak hehe.

    BalasHapus
  4. wah bisa aja inih @DeeJayHan-Blog...makasih atas kunjunganya di gubug ini..salam sehat selalu...

    BalasHapus
  5. wah bisa aja nih..@DeeJayHan-Blog....makasih dah maukunjung ke gubug saya..salam sehat selalu...

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.