Kamis, 26 Januari 2012

TBC


     Sobat Herbal, ada banyak macam jenis penyakit yang pada hari ini menjangkiti manusia dan diantara penyakit itu ada yang mematikan ( berpotensi kematian )mulai dari jantung koroner, kanker, HIV/AIDS dan TBC. Kesemuanya menjadi problem tersendiri bagi dunia kesehatan baik nasional dan internasional. Dan pada kesempatan kali ini rubric info kesehatan akan menyampaikan sedikit ulasan dari salah satu penyakit yang mematikan yaitu TBC. 


     Kita merasa perlu untuk membahas dan memberikan info tentang penyakit ini karena lebih dari 140.000 orang meninggal dunia disebabkan penyakit TBC. Dan Indonesia adalah Negara terbesar ke tiga didunia yang penduduknya bermasalah dengan penyakit ini. Dan data dari survey praavelansi TBC yang dilaksanakan di enam propinsi di Indonesia pada tahun 1983 – 1993 menunjukan bahwa pravelansi TBC Indonesia adalah 0.2 – 0.65 %, sedangkan menurut badan penanggulangan penyakit TBC global yang dikeluarkan oleh WHO Pada tahun 2004 menunjukkan angka insidensi TBC pada tahun 2002 mencapai 555.000 kasus dan 46% diantaranya adalah kasus baru.

APA PENYEBAB TBC dan BAGAIMANA PENULARANYA

Penyakit TBC adalah satu jenis penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri mikrobakterium tuberkolosa, bakteri yang berbetuk batang dan bersifat tahan asam atau biasa disebuat dengan istilah BTA ( bakteri tahan asam ). Penemu bakteri ini adalah Robert Koch pada 24 Maret 1882. Penyakit TBC sangat mudah menular, karena cara penularanya melalui udara yang tecemar oleh bakteri mikrobakterium tuberkolosa yang terlepas pada saat penderita TBC batuk. Bakteri ini sering masuk kedalam tubuh kita dan terkumpul didalam paru – paru dan berkembang biak. Bakteri mikrobakterium tuberkolosa yang sudah ada didalam tubuh seseorang dapat menyebar keseluruh tubuh melalui pembuluh darah dan kelenjar getah bening. Oleh sebab itu infeksi TBC dapat terjadi hampir diseluruh organ tubuh yang vital seperti paru – paru, otak, ginjal, saluran pernafasan dan lain – lain. Dan organ tubuh yang paling rentan dengan serangan bakteri mikrobakteria tuberkolosa adalah paru – paru. Pada saat bakteri mikrobacterium tuberkolosa telah menginfeksi paru – paru, maka bakteri tersebuat akan membuat koloni yang berbentuk globular ( bulat ) dan secara alami sel – sel paru – paru akan menghambat petumbuhan bakteri dengan cara membuat dinding disekeliling bakteri tersebut. Yang akan membuat bakteri berhenti dari aktivitasnya ( dormant ). Bentuk dormant inilah yang akan terlihat pada saat dilakukan photo rontgen terhadapa pasien TBC. Apa bila sistim imun didalam tubuh kita bekerja dengan baik , maka kondisi bakteri dalam bentuk dormant akan tetap sepanjang hidupnya. Dan apabila system immun kita kurang baik maka sel bakteri tersebut akan berkembang biak dan bertambah banyak dan akan membuat ruang didalam paru – paru yang akan digunakan untuk membuat sputum ( dahak ) yang pada akhirnya menjadi indikasi bahwa orang tersebut telah mengidap TBC.

BAGAIMANA GEJALA TBC

     Secara umum gejala TBC dibagi menjadi 2 bagian, yaitu gejala umum dan gejala khusus yang diketahui dengan melihat organ mana yang terlibat dalam gejala tersebut. Dan berikut rincian analisanya :

Gejala umum

-         - Penderita akan mengalami demam yang tidak terlalu tinggi namum berlangsung lama dan biasanya terjadi        pada malam hari disertai dengan keringat, dan terkadang serangan demam bersifat influenza dengan frekwensi hilang timbul.

-          -Penderita akan mengalami panurunan nafsu makan dan penurunan berat badan

-          -Batuk selama lebih dari 3 minggu ( terkadang disertai dengan dahak )

-         - Perasaan tidak enak ( malaise ) dan lemah.

Gejala khusus 

-          -Gejala ini akan sangat bergantung dengan organ tubuh mana yang lerlibat, apa bila terjadi penyumbatan pada bronkus ( saluran yang menuju paru – paru ) akibat tekanan kelenjar getah bening yang membesar maka akan menimbulkan akibat yaitu suara yang melemah yang disertai sesak.

-          -Apabila mengenai tulang, maka akan terjadi gejala seperti gejala infeksi tulang yang nantinya akan membentuk suatu saluran dan bermuara pada kulit diatasnya dan akan mengeluarkan nanah.

-          -Apabila ada cairan pada pleura ( pembungkus paru – paru ) maka akan menimbulakan keluhan sakit dada.

-          -Pada anak – anak dapat mengenai otak  ( lapisan pembungkus otak ) dan disebut dengan istilah meningitis      ( radang selaput otak ) dengan gejala demam tinggi, penurunan kesadaran dan kejang – kejang.

Apabila seseorang dicurigai terinfeksi/terkena TBC sebaiknya dilakukan diagnosa yang lebih mendalam agar  dapat dipastikan positif atau tidaknya sehingga penagananya bisa delakukan dengan maksimal.

-          -Anamnesa, dilakukan untuk orang yang dicurigai dan juga kepada keluarganya.

-          -Pemeriksaan fisik

-          -Pemeriksaan labolatorium ( dahak, darah dan cairan otak )

-          -Dilakukan pemeriksaan patologi anatomi ( PA )

-         -Rontgen dada ( thorax photo )

-          -Uji teberkulin.

Demikian info kesehatan kita kali ini, dan semoga menambah pengetahuan kita tentang penyakit TBC sehingga bisa kita antisipasi lebih dini, biasakan hidup sehat untuk kita dan orang lain.

10 komentar:

  1. aku baca terus ahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, bacaan basmallahnya sudah bisa di apply di blog sobat. Saya sangat senang apa yang saya share bisa bermanfaat bagi blog sobat semua.

    happy blogging

    BalasHapus
  3. Kunjungan balik sobattt
    Memang TBC itu mudah banget menyebar sobat apa lagi di dalam ruang berAC
    Kalau kita baru kenal penderita TBC mungkin dikira cuma batuk- batuk biasa tapi ternyata TBC

    BalasHapus
  4. @kang asep...iya kang dh muncul terimakasih dah mau kujung ke gubug saya..salam sukses selalu...

    BalasHapus
  5. @rizki_ris...terimakasih sobat..dah mau kunjung...salam sukses selalu buat sobat...

    BalasHapus
  6. alhamdulillah dapat ilmu lagi dari abang mengenai TBC. Sukses selalu bang. Abang tanya Iklan yang mana bang ?

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum. . . kunjungan balik pak,
    Termksih ats info'y pak bermanfaat sekali buat sy.

    BalasHapus
  8. Wa'alaikum salam...terimakasih juga buat mas Iman..sukses selalu..

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.