Selasa, 20 Maret 2012

MANFAAT DEMAM



Setelah kemarin kita membahas panjang lebar tentang vaksin / imunisasi, kali ini kita akan membahas tentang demam. Karena ternyata semua kita pasti pernah mengalami demam siapa saja baik itu anak balita, dewasa maupun orang tua.dan  Ternya ada sisi lain dari demam yang mungkin belum diketahui oleh orang banyak sehingga kita merasa perlu untuk membahasnya, apa itu….? Demam bermanfaat untuk kesehatan,  bagai mana demam bisa bermanfat dan berikut ini adalah uraian singkat tentang demam :

Kalangan kedokteran modern / konvensional  menyimpulkan bahwa demam adalah gejala naiknya suhu tubuh melebihi batas normal yaitu ( >37,5 derajat celcius ) yang merupakan respon normal tubuh terhadap gangguan, dan untuk itu para dokter memilah demam menjadi tiga yaitu :

Demam karena infeksi virus

Untuk demam yang terjadi karena infeksi biasanya suhu panas tubuh mencapai 38 derajat celcius atau bahkan lebih. Seperti infeksi virus flu, cacar, campak, DBD, flu burung dan lain – lain. 

Demam non – infeksi

Seperti tumor, kanker dan akibat dari rhemautoid arthritis.

Demam fisiologis

Demam fisologis dapat terjadi apabila seseorang mengalami kekurangan cairan ( dehidrasi ), olah raga yang berlebihan, dan suhu udara yang terlalu panas.

Diantara tanda dan gejala demam adalah badan terasa panas, pernafasan meningkat, wajah memerah, lemah dan tidak aktif, gelisah dan hilang selera makan

Sementara itu ulama pengobatan terkemuka Ibnu Qoyyim Al jauziyyah sejak delapan abad silam mengelompokan demam dalam dua jenis :

Demam yang bersifat simptomatik
Yaitu demam yang terjadi akibat pembengkakan , aktifitas belebih, panas matahari atau karena emosi yang tidak terkontrol

Demam penyakit
Demam yang hanya menjangkiti organ vital lalu menyebarkan panas keseluruh tubuh, bila sumbernya berkaitan dengan energy tubuh disebut demam sehari ( quotidian fever ) karena pada umumnya akan hilang dalam sehari dan paling lama tiga hari. Bila sumber demamnya berasal dari kontaminasi sumber lain disebut demam ufniyah dan jika sumbernya berasal dari organ keras yang utama maka demam itu dinamakan hectic.

MANFAAT DEMAM

Pada kenyatanya demam bisa sangat bermangfaat bagi tubuh dan bahkan bisa berfungsi sebagai obat. Sering sekali demam sehari dan demam ufniyah itu menjadi factor pematangan berbagai unsure berat yang berguna membongkar sumbatan – sumbatan pada tubuh yang tidak bisa diatasi dengan obat – obatan pelarut.
Selain itu penyakit mata yang terjadi pada usia dini dan lanjut juga seringkali bisa disembuhkan oleh demam secara ajaib dan cepat, demam juga bisa mengatasi penurunan stamina dan konvulsi berat serta berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh kotoran – kotoran berat dalam tubuh.

Oleh karena itu pakar kedokteran barat  mulai mengamati beberapa penyakit menahun seperti reumatik persendian dimana sering menibulkan kram pada persendian sehingga tidak mampu bergerak atau penyakit sifilis menahun pada organ syaraf dan kondisi mereka membaik bila panas tubuh meningkat / terjadi demam. Sehingga mereka membuat demam buatan sebagai terapi pengobatan.
Salah satu bulletin world health organization ( WHO ) pernah menerbitkan sebuah pernyataan dimana berdasarkan bukti ilmiah yang mengesankan bahwa demam mrupakan respon yang universal dan biasanya bermanfaat dalam melawan infeksi dan dalam bulletin itu juga disebutkan bahwa penggunaan obat penurun panas sebaiknya dihindari.

Hormon Kortisol ( pasukan elit pereda demam )

Hormon kortisol adalah hormon steroid yang dihasilkan dikorteks adrenal diatas ginjal. Setiap hari dihasilkan 40 – 80 hormon. Hormon ini bekerja dalam tubuh dan melawan rasa sakit, luka, infeksi, kepanasan, kedinginan, kekurangan oksigen, lapar dan factor – factor lain yang meningkatkan suhu tubuh. Saat tubuh mengalami demam tinggi, hormone kortisol akan menekan demam secara alami. Saat seseorang dalam bahaya kematian Karena suhu badan yang tinggi maka kortisol akan menurunkan suhu tubuh dengan cara menghambat produksi interleukin ( IL – 1 ) yang mengaktifkan pusat suhu sehingga panas tubuh akan menurun dan berkurang.
Kortisol bekerja menekan system imunitas dan menurunkan migrasi sel darah putih ke zona peradangan serta melakukan fagositosis sel yang rusak. Kortisol juga menghambat terjadinya reaksi peradangan akibat alergi. Pada saat terjadi infeksi karena luka maka akan terjadi peradangna yang akibatnya menimbulkan demam maka dengan menekan system kerja imun akan dapat menekan demam. Kortisol juga akan menggerakan asam amino agar bekerja bika terjadi luka yang berfungsi sebaga bahan dasar dalam pemulihan jaringan. 

Demikian bahasn singkat tentang demam, dan yang akan datang akan kita sampaikan herbal dan jenis makanan yang dapat membantu menurunkan panas / demam, sekian terimakasih semoga bermanfat.

24 komentar:

  1. waahh ternyata demam ada manfaatnya juga yah, hehehe..
    *padahal kemaren ngeluh terus gara-gara demam :D

    BalasHapus
  2. Waw lengkap dan detail sekali informasi tentang demamnya dan ternyata demam mempunyai manfaat buat tubuh, besok mandi ujan ah biar demam sobat :D

    BalasHapus
  3. SubhanAllah informasi yang sangat bermanfaat, baru saya tahu kalau Demam itu ada manfaatnya, jadi untuk kedepannya penggunaan obat pernurun panas saya coba untuk menghindari, karena ternyata demam itu mampu membuat kotoran berat didalam tubuh menjadi hilang atau keluar.

    BalasHapus
  4. @Chequita chiproet....hehe saya kaya ane sob waktu belom tau ngomel mulu...hehehe kalo sekarang sudah tahu dan harus bersabar.salam sehat thanks ya

    @ARMAN...makasih sob...kalo mandi hujan ada kegunaanya sendiri sob...hehehe..

    @Si 7og4nk...itu memang karunia Alloh dimana sistem kerja tubuh kita sangat menakjubkan..thanks ya atas kunjungan dan komennya...salam sehat

    BalasHapus
  5. Allah SWT Maha Besar, ga ada yang sia-sia yang diciptakannya, saking sayangnya terhadap manusia sampai-sampai dibuatkan sistem pertahanan tubuh...

    Terima kasih informasinya bang...

    BalasHapus
  6. Wah ternyata tidak semua yang jelek itu jelek yah kang, Demam aja sampe ada manfaat nya tuh

    BalasHapus
  7. Saya kalau demam biasanya sampai "maaf" muntah-muntah baru bisa sembuh wedeeeew...
    Terimakasih infonya

    BalasHapus
  8. owalah..., ternyata demam bisa bermanfaat juga buat tubuh y? jadi, ketika demam jangan asal menurunkan suhu panas badan y pak?

    makasih y pak atas info kesehatannya. jadi tau sekarang... salam sukses n sehat selalu pak ;)

    BalasHapus
  9. @uniknya....betul sekali sob...tidak ada yang sia - sia, semua pasti mengandung hikmah...makasih dan salam sehat

    @Blog panik..iya sob...terkadang kita hanya menilai sesuatu hanya dari apa yang kita lihat dan kita rasakan...padahal dari sisi yang lain banyak kebaikan yang kita tidak tahu...

    @Lensa...hehehehe....kalo itu mungkin penyebabnya masuk angin kali mba....hehehehe...makasih atas kunjungan nya

    @Jejak puisi...yo'i sob...ati - ati dalam penggunaan obat penurun panas...kalo mau yang alami aj jangan yang kimia..

    BalasHapus
  10. ternyata demam ada manfaatnya juga yah..... keterangan:koment balik sukses

    BalasHapus
  11. Saya baru tahu kalau demam itu ada manfaatnya. Sepertinya memang tubuh manusia sudah dilengkapi alat penyembuh sendiri ya. Sungguh Allah menciptakan manusia dg sangat sempurna

    BalasHapus
  12. @cahaya ilmu....betul sekali...salam sehat selalu

    @arie5758...bener sob...makannya manusia ga butuh ana yang namanya imunisasi, karena pertahanan tubuh alami sudah cukup..salam sehat

    BalasHapus
  13. demam juga ada manfaat-nya sahabat. tapi demam tinggi bisa berbahaya???

    BalasHapus
  14. @Dian haerani...betul sekali sobat...demam tinggi bisa berbahaya...makanya kita juga harus tahu demam yang berpotensi bahaya dengan yang bukan, demam yang dikatakan bermanfaat adalah demam ufniyah dan demam sehari....salam sehat selalu

    BalasHapus
  15. kembali hadir di sini pak tuk menyambung silaturohim...^^

    happy blogging n salam sehat selalu... ;)

    BalasHapus
  16. @jejak puisi....makasih sob atas dukungan dan kunjungannya...salam sehat

    @ale kaleng....sama sob ane juga baru tahu, makanya langsung aja ane posting hehehehe...thanks ya salam sehat

    BalasHapus
  17. Walah-walah.. demam ternyata berguna juga toh.. saya kira cuma merugikan aja.. baru tau nih.. nice info !

    BalasHapus
  18. @Lusia yotista....bener sob..demam juga bermanfaat lho...

    BalasHapus
  19. Pagi sob, Salam kenal. ada yg baru nih buat anda yg mau iklan gratis dan cari info diskon.^ ^

    BalasHapus
  20. @kasihdiscon....ok sob nanti ane meluncur....salam knal juga...

    BalasHapus
  21. ternyata disisi sakit ada manfaat nya, artikel bermanfaat sobat, terus postingan artikel seperti ini, mantap. terimakasih sahabat. selamat sore. :)

    BalasHapus
  22. A. Antos....betul sobat dan terimakasih atas kunjungannya ke gubug ane...salam sehat buat sobat

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.