Rabu, 09 Mei 2012

Terapi Asma dengan Renang



Pada pembahasan yang lalu kita sudah menyampaikan herbal untuk asma, dan pada kali ini kita akan sampaikan salah satu terapi yang sangat dianjurkan bagi mereka para penderita asma. Sebenarnya banyak terapi yang bisa dilakukan untuk membuat kita menjadi sehat, dan khusus pada pembahasan kali ini kita akan memfokuskan terapi bagi para penderita asma.

Diantara terapi yang sering dianjurkan bagi para penderita asma adalah berenang, karena olah raga diair ini ternyata banyak memberikan manfaat, diantaranya adalah memberikan relaksasi, meningkatkan kesehatan jantung dan paru – paru serta sangat ampuh untuk membakar kalori. Selain itu sekitar 10 centimeter diatas permukaan air terdapat udara yang sangat baik sehingga sangat baik untuk organ pernafasan.

Udara diatas permukan air adalah udara yang paling baik, karena memiliki kelembaban yang cukup tinggi mencapai 94%. Dalam laman klinik asma dan alergi dr. Indrajana dijelaskan bahwa kelembaban udara diatas permukaan air dapat mencegah penguapan ( water loss ) dari paru – paru. Adapun posisi tubuh saat berenang memungkinkan beban sirkulasi paru berkurang, dan tekanan  didalam air dapat mengontrol irama pernafasan. Renang dikenal olah raga non-grafitasi, walaupun air itu sendiri berada dalam pengaruh grafitasi bumi.

Tentunya penderita asma yang ingin melakukan aktifitas renang, harus memperhatikan kemampuan dan kondisi kesehatan. Bila belum mampu berenang layaknya orang sehat bisa dimulai dengan bertahap dan jangan memaksakan diri. Gerakan renang secara umum mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki saluran pernafasan, sehingga dengan rajin berenang diharapkan nafaspun menjadi lengang. Gerakan air yang menekan syaraf – syaraf tubuh khususnya pada bagian saluran pernafasan juga dapat mengusir berbagai factor penyumbatan sehinga nafas menjadi lega.

“ Ajarilah anak – anak kalian berenang, memanah dan menunggang kuda “

( HR. Bukhori dan Muslim )

Dengan melakukan renang akan melatih seluruh otot pernafasan mulai dari dada, perut, bahu dan pundak. Semuanya ikut bergerak sehingga dapat memperbaiki kundisi pada penderita asma. Renang yang dilakukan 3 – 5 kali dalam seminggu dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru – paru, terlebih aktivitas renang dilakukan dengan baik. Aktivitas renang yang dilakukan dengan baik antara 1 – 2 jam setidaknya dapat membakar 275 kalori/jam. Selain itu renang yang baik dapat membantu mempertahankan tekanan darah dan kolesterol yang berdampak pada kesehatan liver. 

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Mareta Isti Rosetya dan Hardian dari fakultas kedokteran Universitas Diponegoro Semarang terhadap 20 orang mahasiswa yang berenang rutin dengan baik dan yang tidak berenang selama 3 bulan, ternyata kelompok mahasiswa yang berenang dengan  rutin mengalami peningkatan arus puncak Ekspirasi, atau peningkatan fungsi organ paru – paru dan saluran nafasnya dibandingkan dengan para mahasiswa yang tidak terlatih berenang.

Untuk itu bagi para sahabat yang belum terbiasa dengan olahraga ini mari kita mulai untuk membiasakannya demi untuk menjaga kesehatan jasmani kita dan menjalankan Sunnah Nabi kita Muhammad saw. Sekian semoga bermanfaat.

40 komentar:

  1. kayaknya mantep nih gan, boleh juga ane coba tipsnya

    BalasHapus
  2. wiu Info nya bermanfa'at
    haha Join and vIST blog aq ya
    mylintas.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Kalau ngajari renang pada anak sudah mulai rutin 2 minggu sekali kak, tapi kalau menunggang kuda sama memanah kayaknya agak sulit, karena fasilitasnya kurang memadai.

    BalasHapus
  4. Hehe saya baru tahu renang untuk terapi asma, penjelasan yang sangat lengkap sob dan berguna thanks.

    BalasHapus
  5. @Hzndi.....silahkan dicoba sob...dan semoga sukses dan sehat ya

    @Irwantz....makasih sob...dan tunggu aja kunjungan dari ane....

    @SAGITA COM....ehehehee...yang gampang - gampang aja sob...ane juga cuma renang aja ko...xxixixi makasih ya

    @ARMAN...makasih bang...ane juga baru tau jadi langsung aja diposting siapa tau manfaat

    BalasHapus
  6. Artikel yang bagus sob. Alhamdulillah hobby saya renang dari zaman SD dulu. Moga aja kita terhindar dari penyakit asma dan penyakit lainnya. Semoga kita diberi kesehatan oleh Sang Maha Pencipta.

    BalasHapus
  7. Amiin...semoga saja kita selalu diberikan kesehatan oleh Alloh swt..dan kalo sudah terbiasa renang...jangan ditinggal kebiasaan itu lanjutkan...renang yuk xixixixiixx....

    BalasHapus
  8. Kembali hadir disini menyapa sobat herbal mempererat tali silaturahmi, sambil menunggu postingan terbaru

    BalasHapus
  9. benar sekali kawan..berenang membuat paru-paru lebih kuat dan membuat daya tahan paru-paru akan tekanan udara bertambah besar..sehingga potensi untuk menghirup udara yang lebih besar kemungkinan bisa terjadi :)

    BalasHapus
  10. @ARMAN....makasih sob dah kunjung tunggu aja ya postingan baru hehehehehe...

    @Blogs of Haryanto....betul sob...renang memang efektif buat terapi asma...salam sehat

    BalasHapus
  11. wah...saya dulunya juga suka renang ,,,tapi sekarang nngk lagi... makanya nafas saya jadi pendek gk seperti dlu lg ya bang....jadi pengen renang lagi nih bang

    BalasHapus
  12. Saya tidak begitu bisa berenang dg baik, tapi kalau ketemu kolam pinginnya nyemplung meskipun menggunakan gaya ngawur yg penting ngambang. Setiap selesai renang memang ngos²an, tapi setelah itu napas rasanya lega bang

    BalasHapus
  13. @KANG FARHAN......iya kang kalo bisa jangan ditinggalkan kebiasaan renangnya....

    @arie5758...lumayan bang ane juga ga bisa berenang betulan cuma isng aja..biar sehat

    salam sehat semua

    BalasHapus
  14. waduuhhhh sobat... saya gak bisa beranang nih...
    yang ada tenggelamlah.....

    BalasHapus
  15. @zhey five....wah gimana nih...ayo blajar renang biar sehat...heheheeh

    BalasHapus
  16. Artikel penuh informasi sob, oya apakah penyakit asma itu dipastikan juga di sebabkan karena keturunan sob ? soale ibuku penyakit asma yg katanya kakekku dulu jg asma ..?

    BalasHapus
  17. @A.Antos...terimakasih sob....ada di artikel saya yang lain yang membahas seputar asma...tapi bisa saya kasih bocorannya asma bukan penyakit keturunan...

    BalasHapus
  18. hihihihihi, akhirnya di bahas juga soal yang ini..
    maaf om baru muncul, abis sakit . XD

    ooo ternyata gitu yah om??
    kan di pembahasan yang sebelumnya om pernah bilang klo si penderita asma emang gak boleh kena hawa dingin, nah klo kena hawa dinginnya air pas renang berarti malah gppa dong om??

    BalasHapus
  19. @cacicu...iya betul...tapi penderita asma yang mau melakukan aktivitas renang harum benar - benar memperhatikan kesehatannya....renang itu dingin awalnya aja kalo dah gerak muter2 yang ada badan kita panas karena kaori terbakar....xixixix

    BalasHapus
  20. tapi klo kelamaan pastinya juga bakal kedinginan dong om?? hehehe...

    BalasHapus
  21. @cacicu...hehehehe...apa lagi kalo renangnya malam - malam pasti tambah dingin lagi...xixixixixi...

    BalasHapus
  22. dapat tips kesehatan baru nih, thanks sobat udah berbagi

    BalasHapus
  23. buakn dingin aja om..
    tapi beku sekalian, jadi es batu . XD

    BalasHapus
  24. @Cacicu...ya bagus kalo jadi es batu....tinggal dipajang diacara prasmanan pernikahan heheheh...

    nggilani...wleh2

    BalasHapus
  25. bukan nggilani klo itu om, tapi sadis banget . XD

    masak iya manusia yang beku di jadi-in pajangan? :O

    BalasHapus
  26. @cacicu..Xixxixi...yaiya lah sadis banget itu mah...

    hari ini jum'at besok sabtu wakuncar deh hehehehe...

    BalasHapus
  27. sayangnya aku gak malmingan...
    huhuhuhuhu T.T

    aku malsen-nan om . XD

    BalasHapus
  28. @cacicu....aduh kasihan....emang kang mas arjuna nya kemana...?????...

    BalasHapus
  29. kerja om . :D
    namanya bukan arjuna >.<

    #ini bahas asma apa bahas chiprut yah? O.o

    BalasHapus
  30. @cacicu...Oooo....dah kerja toh kirai masih sekolah apa kuliah gtu...

    ini bahas asma - ranya chiprut weka2

    BalasHapus
  31. hihihihihi, ndak kok om :)

    ahhihihihi, si om masih berjiwa muda ternyata..
    suka banget bahas asma-ra . :D

    BalasHapus
  32. @chiprut....yang bilang saya sudah tua itu siapa....?

    umur saya baru 18 ko...xixixixi...

    BalasHapus
  33. terima kasih atas infonya...
    kebetulan mampir...

    BalasHapus
  34. terima kasih atas infonya...
    kebetulan mampir... salam kenal pak..

    BalasHapus
  35. @Arena burung...maksih ya sufah mampir di gubug saya...

    @Burung kacer...salam kenal juga sobat

    BalasHapus
  36. No aԁdeԁ timе eхpеndeԁ on the gym, no back pain due tο the fact of to numerouѕ
    crunches οr other ѕtоmach еxerciѕe routines
    and no far a lot more sweatу еxerciѕes mегely to guarantee that your аbs ѕeеm fantаstіc.


    Hеre iѕ mу ωeb blog
    Flex belt Coupon

    BalasHapus
  37. ternyata memang benar yah terapi renang untuk asma. Teman saya kemarin waktu asamanya kambuh bilang kalau dokternya menganjurkan untuk berenang.ternyata terbukti

    BalasHapus
  38. @ Obat tradisional

    memang saran dari para ahli medis begitu sob...renang untuk asma...makasih ya dah berkunjung..salam sehat

    BalasHapus
  39. What's Happening i am new to this, I stumbled upon this I have found It absolutely useful and it has helped me out loads. I hope to give a contribution & aid different customers like its aided me. Good job.

    Check out my webpage v2 Cigs Reviews

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.