Kamis, 14 Maret 2013

Gizi Telur



Jakarta ( PasarHerbal ) berbicara tentang telur sudah pasti akan sangat banyak memakan waktu dan keilmuan yang cukup, karena memang sudah sangat lazim bagi siapapun tentang manfaat telur baik untuk  kesehatan maupun perawatan tubuh. Lagi pula siapa yang tidak kenal dengan benda yang berbentuk bulat oval ini..semua kita sudah sangat mengenalnya karena sudah menjadi salah satu makanan lezat yang dikonsumsi oleh manusia sejak berabad – abad lamanya, dan pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sedikit dari manfaat telur bagi kesehatan.

Hampir semua jenis telur dapat dikonsumsi, walaupun demikian hanya sedikit saja yang lazim dikonsumsi baik untuk lauk pauk maupun untuk kesehatan/pengobatan, dan biasannya yang digunakan adalah telur dari binatang jenis unggas dan beberapa jenis burung.
Sebutir telur yang biasa kita santap, mempunyai kandungan gizi yang lengkap meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino yang sangat berguna bagi tubuh terutama anak – anak yang masih dalam masa pertumbuhan.
Telur ayam  dalam konsumsi sehari-hari sering kali diolah dengan cara digoreng dan direbus.

Nilai gizi telur 

Sebenarnya apa saja kandungan dalam sebutir telur? Berikut adalah tabel nilai gizi telur dalam 100 gram bahan makanan. (100 garam  itu, kira-kira 2 butir telur ayam ).
Zat gizi
Telur ayam
Telur bebek
Telur penyu
Kalori (kcal)
162
189
144
Protein (gr)
12,8
13,1
12
Lemak (gr)
11,5
14,3
10
Karbohidrat (gr)
0,7
0,8
0
Vitamin A (SI)
900
1230
600
Thiamin (mg)
0,10
0,18
0,11
Vitamin C
0
0
0

Namun, hati-hati dalam mengkonsumsi telur. Karena selain kandung lemak yang cukup tinggi, telur juga mengandung kolesterol dalam jumlah yang lumayan banyak dibandingkan bahan makanan lain. Kandungan kolesterol di dalam 100 gram telur adalah sekitar 424 mg. Wow, cukup banyak ya. Padahal kita dianjurkan untuk mengkonsumsi kolesterol kurang dari 300 mg perhari. Jadi, mengkonsumsi telur sebaiknya cukup sekitar 2 butir per minggu. 

Semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. @Obat sakit gigi ampuh

    Ok sobat..ane juga suka telur...tq dah kunjung sini

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak mas artikelnya, nambah ilmu lagi nih

    BalasHapus
  3. @ kolom tutorial

    Ok sobat...makasih dah kunjung ke sini
    .salam sehat

    BalasHapus
  4. Thеse moԁeгn fitneѕs dеviсеs агe
    worn about the waist, pοѕіtioned сorrect about the abs аnd then using what is identifіed as
    electronic musclе stimulatіon.

    Alsο viѕіt my blog - redirected

    BalasHapus
  5. Τhe belt uѕeѕ gel pads postiοnеd oveг thе center abdomіnals and the outѕidе
    οbliques.

    my homepagе: Flex belt

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.