Kamis, 24 April 2014

Cara Atasi Diabetes


Diabetes atau juga dikenal dengan kata kencing manis adalah penyakit yang terjadi sebagai akibat dari     masalah produksi  dan pemanfaatn insulin dalam tubuh seseorang. Insulin ini diproduksi  oleh pankreas.
Saat sesorang terkena diabetes, itu berarti pankreas tidak bisa memproduksi  insulin yang dibutuhkan atau karena tubuh tidak bisa menggunakan insulin sendiri secara efektif. Dan ini mengakibat kenaikan jumlah glukosa dalam darah.

Mereka yang menderita gula darah sering menunjukkan gejala seperti berikut
  1.     Sering kencing
  2.     Badan terasa lemah
  3.     Luka sulit dan lama untuk sembuh
  4.     Mudah terjadi infeksi pada kulit (gatal-gatal), saluran kencing dan gusi
  5.     Lapar dan banyak makan
  6.     Haus dan banyak minum
  7.     Berat badan menurun
  8.     Nyeri atau baal pada tangan atau kaki
  9.     Mata kabur
  10.     Mudah mengantuk

Penderita sakit gula yang terbiasa makan dalam porsi besar, tak pernah olahraga, suka dengan cemilan manis, kini harus siap-siap merubah pola hidup menjadi lebih sehat, seperti dengan diet ketat, menghindari stres, dan rutin berolahraga. Selain hidup sehat, ada lagi satu solusi yang bisa Anda andalkan untuk berdamai dengan sakit gula yaitu dengan mengkonsumsi obat herbal.

Namun ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk berdamai dengan penyakit gula darah ini. Pertama, Anda harus pastikan Anda melakukan diet rendah karbohidrat secara ketat.
Tidak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat berarti mengurangi asupan glukosa dalam tubuh Anda. Ada banyak jenis makanan pengganti karbohidrat yang bisa membantu mengontrol diabetes seperti sereal, kacang kedelai, dan roti.

Selain mengatur jenis makanan untuk dikonsumsi, Anda pun harus menjaga stamina dengan giat berolahraga. Semakin Anda bergerak, semakin banyak gula darah di dalam tubuh yang terbakar.
Jangan lupakan juga yang ini bahwa Beberapa penelitian menunjukkan suplemen yang mengandung seng terbukti mampu menurunkan kadar gula darah. Jika Anda sulit menemukan suplemen yang kaya akan seng, Anda bisa menggantinya dengan ayam dan sarden karena dua jenis makanan ini memiliki kandungan seng yang cukup tinggi.

Kayu manis dan teh hijau juga dipercaya berkhasiat mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Anda pernah dengar kayu manis bisa membuat Anda tampak muda lebih lama? Atau, teh hijau yang bisa membantu Anda melangsingkan tubuh?
Nah, ternyata selain punya manfaat demikian, kayu manis dan teh hijau terbukti membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.


Aktivitas fisik membantu tubuh mengontrol glukosa darah. Menurut sebuah studi jalan cepat secara teratur dapat membuat sel-sel lebih reseptif terhadap insulin, yang mengarah pada kontrol gula darah lebih baik.

Setengah jam berjalan sehari-hari akan membantu menurunkan tingkat gula darah tinggi. Ini tidak hanya membantu menyerap gula dan kadar gula darah, tetapi juga meningkatkan metabolisme dan sensitivitas insulin secara keseluruhan.


Tips Tambahan Untuk Anda Coba

Makanlah dalam porsi kecil tetapi sering (teratur)

Dalam rangka untuk menstabilkan gula darah Anda harus makan dalam porsi kecil / sedang dan makan seimbang sekitar setiap 2-3 jam. Ini akan membantu menghindari lonjakan gula darah dan pelepasan insulin yang besar, dihasilkan setelah makan besar dan akan memungkinkan gula darah turun sedikit di antara waktu makan. Ukuran makanan harus dikurangi sesuai dengan asupan kalori total yang tidak berubah.

Makan makanan yang tinggi serat (buah-buahan, sayuran)

Serat adalah bagian tercerna dari buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran. Saat makan makanan tinggi serat, glukosa diserap lebih lambat, sehingga menurunkan gula darah dan mencegah lonjakan tajam. Diet yang meliputi serat tidak larut telah dikaitkan dengan penurunan resiko terkena diabetes tipe 2.

Makan makanan kaya protein

Protein dikenal untuk menurunkan kualitas gula darah. Mengkonsumsi produk susu rendah lemak (low-fat) seperti susu rendah lemak sangat membantu.

Jangan lewatkan Kromium

Kromium dapat membantu orang dengan diabetes tipe 2 mengontrol gula darah. Kromium merupakan komponen aktif toleransi glukosa, y membantu meningkatkan aksi insulin. Beberapa studi suplementasi kromium dapat meningkatkan kontrol diabetes. Sumber terbaik dari kromium adalah telur, beras merah, gandum,kedelai, biji-bijian, kentang dan sayuran segar.

Humoris / tertawa

Sebuah studi menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang menonton acara komedi dan tertawa secara alami setelah makan, menunjukan secara signifikan menurunkan kadar gula darah tinggi daripada mereka yang menghadiri ceramah yang membosankan.

Sinar Matahari Pagi secara teratur

Sinar matahari pagi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, tetapi juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Sebuah studi baru menemukan bahwa vitamin D hadir dalam sinar matahari pagi dapat membantu mengatur kadar gula darah pada diabetes tipe 2.

Sinar matahari pagi dapat memberikan banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol darah, meningkatkan kualitas pernapasan dan menjaga tulang Anda sehat dan kuat.


Pasar herbal

5 komentar:

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.