Rabu, 07 Desember 2011

HIPERTENSI


     Tekanan darah tinggi ( hipertensi ) adalah suatu peningkatan tekanan darah di dalam arteri.
Secara umum hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa gejala, dimana tekanan yang abnormal itu tinggi didalam arteri dan berpeluang menyebabkan meningkatnya resiko terhadap stroke, aneurisma, gagal jantung, serangan jantung dan kerusakan ginjal.

Pada pemeriksaan tekanan darah akan didapat dua angka, angka yang lebih tinggi diperoleh pada saat jantung berkontraksi ( sistolik ). Angka yang lebih rendah diperoleh pada saat jantung berelaksasi             ( diastolik ).
     Tekana darah ditulis sebagai tekanan sistolik garis miring tekanan diastolic, misalnya 120/80 mmHg, dibaca seratus dua puluh per delapan puluh.  Dikatakan darah tinggi jika saat duduk tekanan sistolik mencapai 140 mmHg atau lebih. Atau tekana diastolik mencapai  90 mmHg atau lebih, atau keduanya.
Pada tekanan darah tinggi biasanya terjadi kenaikan tekanan sistolik dan diastolik. Sejalan dengan bertambahnya usia, hamper setiap orang mengalami kenaikan tekanan darah, tekana sistolik terus meningkat sampai usia 80 tahun dan tekana diastolic terus meningkat sampai usia 55 – 60 tahun, kemudian berkurang secara perlahan atau bahkan menurun drastic.
     Tekanan darah dalam kehidupan seseorang bervariasi secara alami. Bayi dan anak – anak secara normal memiliki tekanan darah yang jauh dibandingkan orang dewasa.
Tekanan darah juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik, dimana akan lebih tinggi pada saat seseorang melakukan aktivitas dan lebih rendah ketika beristirahat. Tekanan darah dalam satu hari juga berbeda – beda, paling tinggi diwaktu pagi hari dan rendah disaat tidur di malam hari.
Gejala
     Pada sebagian besar penderita, hipertensi tidak membutuhkan gejala. Meskipun secara tidak sengaja beberapa gejala terjadi bersamaan dan dipercaya berhubungan dengan tekanan darah tinggi ( padahal sesungguhnya tidak )
     Gejala yang dimaksud adalah sakit kepala, pendarahan dari hidung, pusing, wajah kemerahan dan kelelahan, yang bisa saja terjadi baik pada penderita hipertensi maupun pada seseorang  dengan tekanan darah normal.
     Hipertensi yang berat dan menahun apabila tidak diobati akan menimbulkan beberapa keluhan  diantaranya :
·         Sakit kepala
·         Kelelahan
·         Mual
·         Muntah
·         Sesak nafas
·         Gelisah
·         Pandangan menjadi kabur yang terjadi karena adanya kerusakan pada otak, mata , jantung dan ginjal.
Terkadang penderita hipertensi berat bisa mengalami penurunan kesadaran dan bahkan koma karena terjadi pembengkakan otak. Keadaan ini disebut hipertensif dan memerlukan penanganan segera.

0 komentar:

Posting Komentar

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.