Rabu, 07 Desember 2011

Kanker Payudara


Kanker merupakan buah dari perubahan sel yang mengalami pertumbuhan tidak normal dan tidak tekontrol.  Peningkatan jumlah sel tak normal ini umumnya membentuk benjolan yang disebut tumor atau kanker. Tidak semua tumor bersifat kanker, tumor yang bersifat kanker disebut tumor ganas, sedangkan yang bukan kanker disebut tumor jinak.  Tumor jinak biasanya berupa gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong.  Sel tumor jinak tidak menyebar kebagian lain pada tubuh penderita.
Kanker payudara termasuk diantara penyakit kanker yang paling banyak diperbincangkan karena keganasannya yang sering kali berakhir dengan kematian bagi penderitanya.  Keganasan kanker ini ditunjukan dengan menyerang sel – sel normal disekitarnya, terutama sel – sel yang lemah.  Sel kamker akan tumbuh pesat sekali, sehingga payudara penderita akan membesar tidak seperti biasanya.
Selain menyerang sel – sel normal disekitarnya , kanker juga memproduksi racun dan melepas sel – sel kanker dari induknya yang pecah.Racun dan sel – sel kanker itu akan menyebar bersama aliran darah.
Di Indonesia jumlah perderita kanker payudara menduduki tinggkat ke dua setelah kanker mulut rahim.

Gejala – gejala yang menandakan adanya serangan kanker

      Yang umum dapat dilihat dan dirasakan :

1.       Timbul benjolan pada payudara yang dapat diraba dengan tangan, semakin lama benjolan itu semakin mengeras dan bentuknya tidak beraturan.
2.       Bentuk, ukuran atau berat salah satu payudara berubah.
3.       Timbul benjolan kecil dibawah ketiak.
4.       Keluar darah, nanah, atau cairan encer dari putting susu.
5.       Kulit payudara mengerut seperti kulit jeruk.
6.       Bentuk atau arah puting berubah, misalnya puting susu tertekan ke dalam.

Stadium kanker payudara

     Pada kanker payudara ada stadium dini ( 0 – 1 dan 2 ) serta stadium lanjut ( 3 dan 4 )

Stadium 0

     Dikatakan stadium 0 apabila kanker ada pada lapisan kelenjar susu atau saluran susu tetapi belum menyebar ke jaringan lemak sekitarnya.

Stadium 1 dan 2

     Kanker telah menyebar dari kelenjar susu atau saluran susu ke jaringan terdekat disekitarnya. Pada stadium 2 terkadang kanker telah mulai menganggu kelenjar getah bening.

Stadium 3
     Kanker pada stadium ini juga bisa disebut kanker payudara dalam stadium lanjut lokal, dimana garis tengah tumor telah lebih dari dua inci dan seringkali telah menyebar ke kelenjar getah bening dekat payudara.

Stadium 4
     Kanker telah bermetastasis, artinya kanker telah menyebar dari payudara dan kelenjar getah bening disekitar ketiak kebagian lain seperti  tulang, hati, paru – paru dan otak.
Kanker pada payudara bisa membengkak dan pecah, untuk kasus yang seperti ini maka bau busuk dan anyir akan keluar dari payudara dan bisa menimbulkan sesak nafas karna kanker menekan paru – paru.

Larangan bagi para pennderita kanker payudara.
     Jika seseorang sudah terserang kanker payudara , penderita harus menghindari atau mengurangi asupan beberapa jens makanan. Karena ada kalanya makanan atau minuman tertentu akan memacu pertumbuhan sel abnormal, termasuk kanker payudara.  Ada diantara makanan dan minuman yang mengandung zat tumbuh yang jika di konsumsi akan merangsang pertumbuhan kanker. Ada pula yang mengandung karsinogenik akibat proses pengawetan.  Dan ada pula yang jika dikonsumsi akan mengurangi efek kerja obat dalam tubuh.

     Beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari atau dikurangi konsumsinya :
1
1  1.    Tauge
2  2.   Vetsin
3  3.  Tape
4  4.  Es
5  5.  Cabai
6  6.  Garam
7  7.  Lengkeng
8  8.  Alkohol
9  9.  Nenas
110.   Sawi putih
111.   Daging merah
112.   Rokok
113.   Nangka
114.   Durian
115.   Soft drink
116.   Kangkung
117.   Ikan asin

0 komentar:

Posting Komentar

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.