Selasa, 27 Desember 2011

Kulit Apel


Sobat herbal pada postingan yang lalu kita sudah membicarakan sedikit tentang manfaat dari kulit buah apel dan kali ini dalam rubric tips herbal kita akan menyampaikan manfaat kulit apel dalam dunia pengobatan herbal ( alami )


Sedikit mengulang yang lalu bahwa memakan buah apel beserta kulitnya bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker dengan tingkat 50% lebih besar. Fitokimia yang baik terdapat dalam kulit apel dan ini berlaku bagi apel merah dan apel hijau.

Menurut penelitian di cornell university Amerika serikat, kulit apel dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada usus sebesar 43%. Kulit buah apel mengandung zat fitokimia sebesar 78% dan angka itu lebih banyak bila dibandingkan dengan yang terdapat pada daging kulit apel. Fitokimia dan flavonoid secara bersama – sama dilaporkan mampu menurunkan jumlah kejadian kanker paru – paru dan flavonoid bertindak sebagai antioksidan yang ditemukan terkonsentrasi di kulit apel. Dari penelitian ini  diketahui bahwa anti-oksidan lima kali lebih banyak melekat pada kulit apel dibandingkan daging buahnya.

Selain mengandung fitokimia, kulit apel juga banyak mengandung pektin ( sejenis serat makanan yang mudah larut pada air ) pectin bermanfaat untuk membersihkan dinding arteri pembuluh darah. Kandungan pectin yang tinggi akan mengikat logam berat seperti timah. Kandungan lain yang terdapat dalam kulit apel adalah selulosa ( serat ) terutama serat tak larut yang membantu melancarkan saluran pencernaan.


BERIKUT SEDIKIT TIPS RAMUAN KULIT APEL

Kulit apel dapat membantu mengeluarkan dahak yang disebabkan gangguan paru – paru, seperti batuk, bronchitis atau peradangan paru. Dengan cara :
Siapkan 30 gr kulit apel dan 10 gr kulit jeruk mandarin yang telah dikeringkan , cuci bersih semua bahan, kemudian rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum.

Kulit apel juga dapat berfungsi sebagai obat jerawat dengan  cara tempelkan kulit apel pada wajah yang berjerawat selama 10 menit dan lakukan berulang – ulang.

Ok sobat herbal mungkin itu sedikit tentang manfaat kulit apel dan tips selanjutnya akan menyusul Insya Alloh…..

0 komentar:

Posting Komentar

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.