Senin, 05 Desember 2011

Sekilas Tentang Madu

Kandungan Madu :
* Glukosa ( dekstosa ) dan Fruktosa ( levulosa ) yang sangat tinggi dan sangat mudah diserap oleh usus bersama dengan zat - zat organik lain, sehingga dapat bertindak sebagai stimulan bagi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan ( Winarno 1982 )
.

* Madu juga mengandung sejumlah mineral seperti magnesium, kallum, kalsium, natrium, klor, belerang, besi, fosfat, tembaga, yodium dan seng.

* Madu juga mengandung beberapa vitamin diantaranya Vitamin B1, B2, B3, B6 dan Vitamin C.

Keunggulan Madu :

* Jika dicampur dengan air hangat, madu dapat bedifusi ke dalam darah dalam waktu tujuh menit. Molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi lebih baik itu karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar.

* Madu sangat mudah dicerna , karna molekul gula dalam madu dapat berubah menjadi gula lain (misalnya fruktosa menjadi glukosa )
* Mudah dicerna oleh perut yang sensitif sekalipun walau memiliki kandungan asam yang tinggi.
* Membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.
* Rendah kalori , jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah, walaupun memberi energi yang besar dan madu tidak menambah berat badan.
* Menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah. Dan lebih jauh lagi dapat membantu pembersihan darah dan madu juga berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah.
* Madu kaya kandungan antioksidan, dan antioksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta dapat meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi ( oxidative stress ).
* Madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan ( inflammatory actifaty anti ).

0 komentar:

Posting Komentar

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.