Senin, 09 Januari 2012

GAGAL GINJAL


     Sobat herbal, kalau kita bicara tentang penyakit, adanih info tentang penyakit yang banyak diderita oleh orang pada masa sekarang dan sangat menakutkan, yaitu gagal ginjal lalu apa dan bagiamana seseorang bisa mengalami gagal ginjal berikut uraianya.

     Gagal ginjal adalah suatu penyakit dimana prgan ginjal mengalami penurunan kemampuan aktifitas dalam menjalankan fungsinya hingga ginjal benar – benar tidak mampu bekerja sebagaimana mestinya, ginjal berfungsi untuk menyaring pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia dalam tubuh seperti sodium dan kalium dalam darah serta dalam memproduksi urine. Ginjal termasuk dalam system urine yang juga berfungsi menyaring kotoran dari dalam darah khususnya urea dan membuangnya bersama urine. Manusia secara umum memiliki 2 buah ginjal yang terletak di belakang perut atau abdomen dan berada di sisi kana dana kiri. Ukuran ginjal pada orang dewasa adalah berat sekitar 150 gram, berukuran sekitar 11 cm dan ketebalan sekitar 5 cm.

     Gagal ginjal dapat menyerang siapa saja baik anak – anak maupun orang dewasa, walaupun resiko terbesar adalah orang dewasa terlebih pada usia lanjut.

PENYEBAB GAGAL GINJAL

     Gagal ginjal bisa disebabkan oleh satu penyakit yang diderita oleh seseorang yang kemudian penyakit tersebut menganggu/mengahmbat kinerja ginjal dan pada gilirannya menurunkan kemampuan ginjal dan bahkan merusaknya sehingga ginjal benar – benar tidak dapat menjalankan fungsinya, diantara penyakit yang dapat menrurnkan produktivitas ginjal adalah :

-          Darah tinggi ( hypertensi )
-          Diabetes
-          Penyumbatan pada saluran kemih ( batu/tumor )
-          Kanker
-          Kelainan outoimun
-          Kelainan pada ginjal
-          Rusaknya sel,penyaringan pada ginjal yang disebabkan oleh infeksi peradangan maupun tekanan darah tinggi.

     Selain yang disebutkan diatas banyak juga penyakit lain yang dapat merusak organ ginjal yang apa bila penyakit tersebut tidak langsung ditangani seperti dehidrasi, malaria, hepatitis, TBC dan akibat obat – obatan dan bahan kimia. Secara awam penyakit gagal ginjal dapat dikertahui dengan kita memperhatikan beberapa hal berikiut : terjadi pembengkakan pada mata, sakit pinggang yang kronis, kaki terasa nyeri, sering buang air kecil ( air kemih sedikit ), urine berwarna merah, badan terasa lemas, hilang nafsu makan dan sesak nafas. 

     Untuk sobat herbal yang masih merasakan sehat pada ginjalnya ( tidak ada keluhan ) agar supaya bisa menghindari konsumsi obat kimia secara belebihan, olah raga teratur walaupun ringan dan minum secukupnya ( jangan terlalu banyak ) dan tetap berdo’a kepada Alloh agar kita diberi kesehatan yang maksimal, mungkin itu yang bisa saya tulis pada kesempatan kali ini semoga yang sedikit ini bernanfaat buat sobat herbal semua. 

     Sekiranya ada kesalahan dalam penulisan artikel ini mohon segera dikoreksi demi kebaikan kita semua. Dan sekiranya sobat suka dengan aritikel ini saya persilahkan untuk membagikan kepada shabat – sahabat anda yang lain melalui facebook maupun twiter.   Sekian terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.