Sabtu, 07 Januari 2012

Susu Kedelai


     Jumpa lagi sobat herbal, semoga sobat semua sehat selalu dan tetap semangat untuk membaca artikel di blog kita ini. Karena kalau bukan para sobat herbal yang membaca artikel diblog ini siapa lagi ya  kan….dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manfaat dari susu kedelai, sobat tahu kan apa itu susu kedelai ? itu lho sari pati kacang kedelai yang kemudian belakangan di istilahkan dengan istilah susu / susu kedelai. Buat para sobat herbal yang biasa meminum susu kedelai sebaiknya kebiasaan itu terus dilanjutkan dan dipertahankan bahkan kalau bisa ditularkan ke yang lainya, dan buat para sobat yang belum terbiasa segeralah mengkonsumsi susu kedelai karena selain nikmat susu kedelai juga banyak mengandung unsur – unsur  yang sangat berguna bagi tubuh kita. Dan berikut akan saya sampaikan uraiyannya.


     Susu kedelai sangat populer dikalangan masyarat selain gizinya yang tinggi susu kedelai juga sangat murah sehingga benar – benar terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dan menjadi minuman pengganti  dari susu sapi, susu kambing dan susu formula.

KANDUNGAN SUSU KEDELAI

Kalsium

Berguna untuk membentuk kandungan tulang baru, memperkuat struktur  tulang, mengatur fungsi otot, mengerdarkan darah dengan normal dan mengontrol kadar asam lemak didalam usus.

Protein

Kandungan protein yang ada didalam susu kedelai tersusun dari asam amino berupa lesitin, arginin, lisin, glisin, niasin, leusin, isoleusin,  trionin, trptofan dan fenillannin yang berfungsi  untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki  jaringan yang rusak.

Mineral

Berfungsi untuk menambah kekuatan pada struktur tulang gigi, kuku dan meningkatkan system kekebalan tubuh dari penyakit.

Karbohidrat, lemak nabati

Sebagai sumber energy dalam tubuh dan sebagai lemak baik yang berguna bagi tubuh.

Isoflavon

Sangat berguna untuk membantu dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Polisakarida

Mengontrol kadar gula berlebih didalam tubuh.

Serat / fiber

Sangat baik untuk membantu system pencernaan dan memperlancar BAB.

Vitamin A

Berguna untuk menjaga kesehatan mata, membantu proses reproduksi dan memperlancar system kerja saraf tubuh.

Vitamin  E
Mencegah kanker kulit, mengencangkan kulit, membantu proses menstruasi,  menjegah impotensi, menyehatkan jantung dan sebagai antioksidan.

Kolesterol baik ( HDL )

Kadar HDL yang terkandung didalam susu kedelai mampu mencegah pengapuran yang disebebkan oleh kolesterol jahat LDL.

MANFAAT SUSU KEDELAI

Memperkuat tubuh ( Fisik )

Setiap 100 gram Susu kedelai mengandung 4.5 gram  protein, 1.8 gram lemak, 1.5 gram karbohidrat, 4.5 gram fosfor, 2.5 gram zat besi, 2.5 gram kalsium, vitamin, ribovlavin dan sebagainya yang sangat berguna dalam pembentukan struktur tubuh.

Mencegah tekanan darah tinggi

Susu kedelai mengandung steroid,  potassium, magnesium yang merupakan zat ampuh untuk mengontrol tekanan darah.

Mencegah Diabetes

Susu kedelai mengandung selulosa yang berlimpah sehingga dapat mencegah penyerapan gula yang berlebih, sehingga susu kedelai menjadi minuman yang baik bagi para penderita diabet.

Mencegah Stroke

Magnesium dan kalsium dalam susu kedelai dapat mengurangi lipid dan memperbaiki aliran darah ke otak sehingga efektif untuk mencegah infeksi atau pandarahan pada otak, kandungan lecitin dalam susu kedelai juga berfungsi  untuk mencegah kematian sel  otak dan memperbaiki fungsi sel otak.

Mencegah serangan jantung

Stroid, kalium dan kalsium yang terdapat didlam susu kedelai dapat memperkuat dan meningkatkan aliran darah, meningkatkan nutrisi ke jantung, menurunkan kolesterol. Meminum 1 gelas susu kedelai dapat menurunkan resiko serangan jantung hingga 50 %.

Mencegah kanker

Protein, selenium dan molybdenum dalam susu kedelai bersifat menekan tumor ganas dengan efektif terutama kanker lambung, kanker usus dan kanker payudara hingga 50 %.

Bagaimana para sobat, dah jelas kan manfaat dan kandungan susu kedelai, semoga yang sedikit ini bermanfaat dan berguna bagi para pembaca sekalian…sekiranya ada kesalahan mohon segera dinformasikan agar cepat diperbaiki..terimakasih..

2 komentar:

  1. selain enak susu kedelai ini sangat kaya akan kandungan2 yang menyehatkan untuk tubuh kita yah.

    dulu waktu pramuka pernah ada test buat susu kedelai (siapa yang nanya).

    kadang suka salah dalam hal penulisan antara susu kedelai ama susu keledai... hehe :D

    BalasHapus
  2. Thanks dah mau kunjung di gubug saya...tadi saya baca ulang takut adayang salah tulis susu keledai...hehehehee...

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.