Sabtu, 14 Januari 2012

Kunyit dan Manfaatnya

     Akhirnya duduk lagi saya di depan monitor, sobat herbal gimana kabarnya semua Insya Alloh sehat selalu ya…sobat, alam Indonesia adalah alam yang subur banyak aneka jenis tanaman yang hidup dan tumbuh di Negara kita, ada yang jenis biji – bijian, umbi – umbian dan lain lain. Dan pada kesempatan kali ini kita akan sedikit berbagi informasi tentang salah satu tumbuhan yang sangat dikenal oleh masyarakat kita tetapi mungkin belum banyak yang mengetahui manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan, apasih nama tumbuhanya dan manfaatnya,….sudah tidak sabarkan berikut penjelasanaya.

     Kita semua pasti kenal dengan umbi yang bernama kunyit…sering kita jumpai di rumah ataupun dipasar, karena memang kunyit adalah salah satu dari rempah – rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masak maupun sebagai campuran dalam ramuan jamu tradisioanal, dan tidak salah bila orang tua kita sejak zaman dahulu menjadikan kunyit sebagai salah satu bahan dalam pembuatan ramuan jamu karena memang kunyit banyak mengandung zat  yang bermanfaat, diantaranya adalah curcumin yang dari hasil penelitian diketahui bahwa curcumin dapat mencegah berkembangnya sel – sel kanker.

     Kandungan curcumin yang terdapat didalam kunyit juga dapat mencegah teroksidasinya kolesterol LDL yang dapat merusak arteri dan juga sebagai pencegah penyakit jantung. Selain curcumin kunyit juga mengandung minyak astiri yang memiliki efek pengobatan, kunyit juga memiliki kandungan antioksidan yang kuat dan dapat berpotensi sebagai agen anti – inflamasi. Anti oksidan berfungsi sebagai penetralisir radikal bebas yang dapat merusak sel – sel tubuh. Kunyit dapat memberikan efek segar terhadapa kulit sehingga kulit terlihat lebih muda, selain itu dapat juga mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker, jantung, arthiris dan katarak.

     Kunyit dapat membantu para penderita arthiris karena kemampuanya melawan radang sendi. Dan kandungan kunyit banyak kita jumpai pada suplemen radang sendi untuk mengurangi rasa sakit akibat dari peradangan. Kunyit juga dapat menghambat pertumbuhan tumor, invasi dan metastasis ( penyebaran yang tidak terkontrol )

. Secara lebih detail hasil studi para ahli tentang kunyit adalah :

-          Kunyit dapat menghambat pertumbuhan tumor pada usus besar.

-          Kunyit menghambat pertumbuhan kanker prostat pada sel – sel tumor.

-          Kunyit dapat membantu menghentikan penyebaran sel – sel kanker payudara ke paru – paru.

-          Kunyit dapat menurunkan kadar kolesterol, menghambat pembentukan plak dan mencegah pembekuan darah.

-          Minyak astiri yang terdapat pada kunyit mempunyai sifat anti bakteri sehingga kunyit dapat mencegah infeksi pada luka.

-          Kunyit dapat merangsang produksi empedu  yang membantu mencerna lemak.

-          Dan kunyit dapat melindungi hati dari berbagai jenis racun.

     Wah tidak disangka yah…ternyata kunyit banyak meberikan manfaat buat kesehatan tubuh, jadi buat semua sobat herbal jangan ragu – ragu untuk mengkonsumsi kunyit, dan sekarang sudah banyak tersedia minuman yang berbahan dasai kunyit. Sekian dulu yah…semoga bermanfaat dan bila ada kesalah dalam penulisan artikel ini mohon segera di informasikan agar cepat diperbaiki sekian terimakasih…

4 komentar:

  1. bisa minta ramuan herbal dari kunyit ga...saya lagi buuh nih..

    BalasHapus
  2. @online majalah...ya nti saya coba carikan..tq dah mau kunjung.

    BalasHapus
  3. alhamdulillah bang...saya juga suka sama jamu kunyit...semoga selalu sehat dengan ramuan herbal

    BalasHapus
  4. Insya Alloh kang...makasih atas dukunganya...salam sehat selalu...

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.