Jumat, 06 Januari 2012

Manfaat Buah Mangga

     Sobat herbal, tahu tidak dengan buah mangga ? pasti semua kenal ya soalnya buah mangga salah satu buah favorit khas Indonesia, jadi sudah  pasti kita semua kenal dengan buah mangga atau  mungkin ada diantara saobat herbal yang memiliki pohon mangga di pekarangan rumahnya. Dan pada pembahasan kali ini kita akan berbicara tentang manfaat buah mangga untuk kesehatan. Sobat herbal, Ternyata buah mangga tidak hanya sekedar enak dimakan tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan baik dikonsumsi buahnya secara langsung maupun diolah terlebih dahulu, jangankan yang sudah masak yang masih mentah saja ada manfaatnya khususnya buat wanita yang sedang mengandung, buat bikin rujak katanya hehehehe….
Kandungan Buah Mangga


     Buah mangga mengandung sekitar 82 % air, Vitamin C sebanyak 41 mg dan mengandung kalori sebesar 73 kal untuk setiap 100 grm daging buah mangga. Untuk buah mangga yang masih muda/mentah terkandung air sekitar 84 % dan vitamin C sebesar 60 mg dan kalori sebesar 66 kal, buah magga yang masih muda rendah kalori karena lebih banyak mengandung zat pati yang akan berubah  menjadi gula pada proses pematangan. Selain yang sudah disebutkan diatas, buah mangga juga mengandung antioksidan, beta karoten, kalium, vitamin A dan karbohidrat.

KHASIAT BUAH MANGGA

Zat – zat yang terkandung didalam buah mangga sangat baik untuk kesehatan, karna beta karoten dan vitamin C termasuk senyawa yang dapat melindungi tubuh dari kanker karena dapat menetralkan radikal bebas atau molekul – molekul tak labil yang dihasilkan dari proses kimia normal tubuh.

Selain sebagai anti olsidan, Vitamin C yang terkandung didalamnya juga berfungsi untuk menjaga dan memacu kesehatan pembuluh – pembuluh kapiler, menjaga kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C juga membantu dalam penyerapan zat besi dan menghambat produksi natrosamin ( zat pemicu kanker )
Buah mangga juga mengandung kalium yang berfungsi untuk menurunkan resiko stroke, kalium mampu meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot dan membantu menurunkan tekanan darah.  Mengkonsumsi buah dengan kadar kalium yang tinggi dapat mengurangi resiko terkena serangan stroke  hingga 40 % dan mengkonsunsi  kalium ekstrak min 400 mg / hari dapat mengurangi resiko serangan jantung dan kerusakan pada pembuluh darah.

Buah mangga pun berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya gusi berdarah, radang tenggorokan, radang kilit, astma, dan yang lainya.

Begitu banyak manfaat dan khasiat yang terkandung didalam buah mangga, jadi mulai sekarang mari kita biasakan mengkonsumsi buah mangga, mari….marii….bang beli mangganya bang…

Dah dulu ya semoga bermanfaat…jangan lupa komen untuk perbaikan…  


2 komentar:

  1. Postinga yang sangat menarik, saya lebih menjaga kesehatan.
    terus menulis untuk wacana anak bangsa

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.