Minggu, 01 Januari 2012

Osteoporosis


     Sobat herbal, dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang satu jenis penyakit yang sangat menakutkan, apalagi bagi mereka yang sudah berusia lanjut karna konon katanya penyakit ini menyerang mereka yang sudah berusia lanjut, benarkah…untuk lebih jelasnya langsung aja baca uraianya.


     Osteoporosis  adalah satu penyakit yang diderita oleh seseorang baik laki –laki maupun wanita yang disebabkan oleh menurunya jumlah / produksi hormon estrogen bagi wanita dan hormon testosteron pada laki – laki. Dengan menurunya hormon ini maka akan berdampak pada kualitas tulang, dimana tulang penderita akan menjadi rapuh/kropos yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan istilah osteoporosis. Lalu pada saat kapan terjadinay penurunan hormon yang berakibat pada tulang, hormone ini akan mulai berkurang ketika seseorang sudah memasuki usia 45 tahun keatas atau berbarengan dengan datangnya  masa menopause ( bagi wanita ).

     Satu lagi sobat herbal, walaupun osteoporosis itu terjadi akibat penurunan hormon, cara pengobatanya tidak bisa dengan cara menyuntikkan hormon ketubuh penderita, karena bisa berdampak buruk bagi organ – organ yang lain. Osteoporosis bisa juga dianggap sebagai penyakit wajib bagi mereka yang berusia panjang , karena seiring dengan bertambahnya usia maka kemampuan tubuh serta kekuatanya juga akan mengalami penurunan, sehingga yang bisa dilakukan dalam menghadapi penyakit ini adalah dengan cara menundanya dengan cara memperbanyak konsumsi kalsium dan memperbaiki pola hidup. Dalam kenyataan hidup mungkin kita biasa melihat bahwa mereka yang hidup pada generasi sebelum kita  ( kakek, nenek, dan sebagainya ) terlihat memiliki tulang yang kuat dan kokoh,  terlebih mereka yang tinggal dipedesaan. Aktivitas yang mereka lakukan mulai dari berjalan, mengangkat dan sebagainya membuat tubuh dan tulang mereka menjadi kuat ditambah konsumsi makan mereka yang lebih alami. Berbeda dengan kita yang terbiasa mengkonsumsi makanan capat saji atau makanan yang banyak mengandung zat – zat tak sehat ( pewarna, pengawet, pemanis dan lain – lain ) kondisi seperti ini makin diperburuk dengan jarangnya kita berolah raga, kalau generasi dahulu biasa berjalan kaki berbeda dengan kita yang terbiasa kemana – kemana denngan berkandaraan.

     Dr dr Tuti kuswardani spPD ( KGer )mengatakan dalam hasil penelitianya di bali dan Surabaya bahwa sekita 25 % dari populasi penduduk mengalami osteoporosis pada masa usia lanjut, yang sebenarnya dapat dicegah atau ditunda dengan cara mengkonsumsi kalsium yang cukup.

     Dan menurut penelitian yang dilakukan oleh dr.  Tanya rotikan spKO dilaporkan bahwa wanita lebih rawan terserang osteoporosis, hal ini disebabkan hormon esterogen yang ada pada tubuh wanita. Hormon ini mengakibatkan wanita mengalami siklus khas yaitu Haidh, hamil, menyusui dan menopause yang berakibat terlepasnya sejumlah kalsium sehingga tulang keropos lebih mudah dialami oleh wanita ketimbang pria. Osteoporosis pada umumnya terjadi pada usia 30 sampai 40 tahun, untuk itu dr. Tanya menyarankan kepada para wanita untuk menabung kalsium. Pada usia 30 tahun keatas proses pelepasan kalsium lebih cepat katimbang penyerapan.

Asupan kalsium yang baik adalah 1000 sampai 1200 miligram per hari, dan untuk yang diatas usia 30 tahun sebaiknya mengkonsumsi kalsium 1200 – 1300 miligram per hari.

Gimana sobat herbal sudah jelas belum…buruan deh konsumsi makanan yang berkalsium agar tulang kita kuat, dan untuk info makan apa saja yang banyak mengandung kalsium tunggu artikel selanjutnya ya….sekian dulu dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.