Sabtu, 31 Desember 2011

Herbal Untuk Stroke


     Pada postingan yang lalu kita sudah membicarakan tentang STROKE walaupun hanya sekilas, dan pada kesempatan kali ini akan kita bahas tentang herbal apa saja yang dapat membantu meringankan dari pengaruh yang ditimbulkan akibat stroke atau bahkan menyembuhkanya. Mau tahukan herbal apa saja….silahkan dibaca artikel ini.

     Sobat herbal, ada banyak jenis herbal yang bisa mengobati stroke dan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini hanya beberapa saja diantaranya adalah.

MADU

     Madu ( Al ‘ Asal ) selain mengandung air, glukosa, fruktosa, sukrosa dan asam lemak,madu juga mengandung berbagai macam vitamin. Dan salah satu dari vitamin yang terkandung didalam madu adalah vitamin B1 yang terbukti mampu mengobati stroke. Vitamin B1 berfungsi untuk menormalisasi kelumpuhan pada syaraf.  Selain mengandung vitamin B1 madu juga mengandung vitamin E yang berfungsi sebgai antioksidan dan melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen dari kerusakan.

JELAI GANDUM

     Jelai mirip dengan gandum karena memang berasla dari suku yang sama, jelai yang dibuat bubur dengan campuran gulai daging ( talbinah ) atau dibuat roti dicampur sup daging adalah makanan yang baik bagi mereka yang sedang sakait parah. Ibnu Qoyyim mengatakan, sifatnya yang lembut dan dapat menambah kelembaban dapat meningkatkan panas tubuh alami secara maksimal, selain itu jelai gandum lebih menyentuh dasar lambung.
     Rasa duka, kesedihan, atau penyakit degenerative semacam stroke menyebabkan dinginya kondisi kejiwaan dan melemahkan panas tubuh alami karena demonasi hati yang berduka mempengaruhi seluruh tubuh untuk menjadi dingin, untuk itu bubur daging dapat menentramkan hati dan menghilangkan kesedihan. Penderita stroke biasanya sulit menerima makanan karena gangguan syaraf tubuh atau hilangnya selera makan,oleh karena itu hanya makanan yanfg lembut yang dapat dicerna secara efektif, selain tubuh memanfaatkan gligoken yang tersimpan didlam hat dan otot – otot.

SAMBILOTO

     Herba sambiloto rasanya pahit, dingin dan masuk kedalam meridian paru, lambung, usus besar dan usus kecil. Dari segi farmakologi, sambiloto memiliki efek muskarinik pada pembbuluh darah, efek pada jantung  iskemik, efek pada respirasi sel, sifat kholeretik, anti-inflamasi dan anti bakteri. Herba sambiloto dipanen sewaktu tumbuhan ini mulai berbunga, setelah dicuci dan dipotong – potong seperlunya lalu dikeringkan. Untuk terapi stroke dan darah tinggi dapat menggunakan daun sambiloto segar sebanyak 5  - 7 lembar diseduh dengan ½ gelas air panas lalu tambahkan madu secukupnya sambil diaduk dan setelah dingin diminum sebanyak 3 kali dalam sehari.

DAUN DEWA

     Kandungan yang terdapat dalam herba daun dewa dapat mengobati stroke, daun dewa mengandung flavonoid, saponin dan minyak astiri. Daunnya berkhasiat untuk mengobati luka memar, melancarka sirkulasi darah, menghentikan pendarahan, pembengkakan payudara dan  melancarkan haid. Sedangkan umbinya dapat mengatasi pembekuan darah, pembengkakan, tulang patah dan lain – lain. Daun dewa juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, minyak astirinya dapat merangsang sirkulasi darah juga bersifat analgetik dab anti-inflamasi. Efek farmakologis daun dewa adalah antikoagulan ( pembekuan darah ), stimulasi sirkulasi darah, menghilangkan panas dan mengeluarkan racun.
Untuk terapi stroke dapat menggunakan daun dewa segar sebanyak 30 gr dan daun dewa kering sebanyak 15 lembar, keduanya dicuci sampai bersih kemudian direbus dengan ½ liter air hingga tersisa setenganya dan diminum 2 kali sehari dengan dicampur madu secukupnya.

     Demkian sekelumit tentang herbal apa saja yang dapat digunakan dalam pengobatan maupun pencegahan dari penyakit stroke, semoga bermanfaat.

Sekiranya anda menyukai artikel ini silahkan klik like FB dan berikan komentar  yagn membangun, sekian terimakasih…

0 komentar:

Posting Komentar

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.