Rabu, 15 Februari 2012

Herbal Untuk Liver


     Setelah kita membahas tentang bahaya yang ditimbulkan apabila liver mengalami kerusakan, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jenis – jenis herbal yang mampu dan sudah teruji secara klinis dapat memperbaiki fungsi / kinerja liver yang sudah menurun disebabkan infeksi dan gangguan liver lainya. Diantara herbal yang berguna bagi kesehatan liver adalah :


TEMULAWAK

Temulawak ( curcuma xanthorrhiza ) adalah salah satu tanaman obat – obatan yang  tergolong dalam suku temu – temuan ( zingiberaceae ). tanaman ini berasal dari Indonesia khususnya pulau Jawa dan beberapa wilayah lain di Indonesia. Daging rimpang temulawak berwarna jingga tua atau kecoklatan, beraroma tajam yang menyengat dan rasanya pahit. Rimpang temulawak dapat memperbaiki fungsi hati ( liver ) dengan cara merebus 3  rimpang temulawak yang sudah bersih dan dipotong – potong lalu direbus dengan 1.5 liter air setelah cukup meresap diaduk dengan gula aren ( gula merah ) dan diminum dalam keadaan hangat sebanyak 1 cangkir setiap 3 jam.  Atau bisa juga dengan cara mencampur air perasan 3 rimpang temulawak  dengan setengah cangkir madu asli dan diaduk hingga rata kemudian diminum 2 sendok makan setip 3 jam.

MINYAK ZAITUN

Minyak Zaitun ( Olea europaea ) berkhasiat mengatasi racun, melapangkan perut dan mengeluarkan cacing. Komposisi umum dari minyak zaitun adalah terdiri dari asam lemak tak jenuh sekitar 70 – 80 % dan asam lemak jenuh sebesar 8 – 10 %, selain itu minyak zaitun juga mengandung beberapa vitamin yaitu A,B dan C. hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Monastir, Tunisia dan Universitas King Saud, Arab Saudi diketahui bahwa minyak zaitun  pada perasan pertam ( ekstra virgin ) dapat melindungi hati dari stress oksidatif. Minyak zaitun dapat  melarutkan lemak dan membantu memperkuat hati serta membantu kinerja hati dalam membuang racun dari dalam tubuh karena minyak zaitun membuat gerakan kantong empedu menjadi teratur.

MADU

Madu ( Mel depuratum ) adalah sejenis minuman alam dengan kandungan gizi yang sangat tinggi, diantara khasiat madu adalah membersihkan liver dan meningkatkan kinerja liver. Dr. Adil Qandil dan Dr. Asma’ munir melakukan studi untuk mengetahui efek madu terhadap keracunan yang terjadi pada liver. Dan hasilnya adalah bahwa pemberian madu memberikan harapan kesembuhan karena liver kembali normal. Campuran 1 sendok minyak wijen dan segelas madu yang diminum setip pagi hari dan segelas susu murni yang dicampur madu dan diminum setiap sore hari sangat berguna untuk detoksifikasi    ( pengeluaran racun ) campuran antara madu dengan air hangat juga dapat mengeluarkan racun yang ada dalam darah.
KUNYIT

Kunyit ( Curcuma domestica ) adalah salah satu tanaman rempah dan obat yang berasal dari asia tenggara, kunyit tergolong jenis temu – temuan. Umbi akar yang berumur lebih dari satu tahun dapat diunakan sebagai obat, umbi kunyit bersifat mendinginkan, membersihkan dan mempengaruhi bagian perut khususnya lambung , kunyit juga merangsang  pelepasan gas yang berlebihan didalam usus, menghentikan pendarahan dan menjegah penggumpalan darah. Untuk memperbaiki fungsi hati ( liver ) dapat menggunakan satu jari rimpang kunyit yang dicuci bersih lalu dihaluskan ( diparut ) kemudian ditambahkan sedikit air dan diperas, ramuan ini diminum tiga kali sehari.

 AKAR ALANG – ALANG

Akar Alang – alang ( Imperata cyllindrica ) adalah tumbuhan liar yang menyukai tanah kering dan banyak mendapat sinar matahari. Batangnya padat daunya seperti rumput. Akar alang – alang dapat berfungsi sebagai obat, untuk kasus hepatitis akut yang menular dapat digunakan akar alang – alang dengan cara merebus sekitar 60 grm akar alang – alang kering dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa sekitar  1 gelas saja kemudian dibagi dua untuk diminum pagi dan sore lakukan selama 10 hari akan tetapi ramuan ini tidak dapat diminum oleh mereka yang banyak buang air kecil dan lemah lambung.

Cukup sekian informasi tentang herbal untuk liver, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang ramuan herbal yang ada disekeliling kita, sekian terimakasih.

Di kutip dari tabloid bekam edisi 12/TH.III/2012

8 komentar:

  1. Terimakasih untuk info berharga ini.
    Salam sehat :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih sobat atas kunjungan dan dukungannya..salam sehat selalu

    BalasHapus
  3. makasih sobat..thanks dah mau kunjungi blog ane..salam sehat selalu

    BalasHapus
  4. absen malam sobat...wah ini artikel menarik sob...:)
    kalo berkenan tukeran link segera datang ke blog saya dan masukkan blog anda dalam daftar...terima kasih :)
    setelah itu pasang link saya di blog anda.. :)


    follow bck ya :)

    BalasHapus
  5. selamat malam..sehat selalu kan
    kalo berkenan tukeran link dengan saya segera datang ke blog saya dan masukkan blog anda dalam daftar link setelah itu pasang link saya di blog anda.. dan konfirmasi ke saya kalau link saya sudah terpasang di blog sobat:) terima kasih

    BalasHapus
  6. berkunjung ke blog sobat...
    sambil menunggu postingan terbaru

    BalasHapus
  7. wah nunggu postingan baru ya...jadi ga enak nih kaya punya utang...heheee....thanks dah mau kunjung salam sehat selalu...

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.