Selasa, 07 Februari 2012

Lebih dalam Tentang Liver


     Sobat herbal, dalam postingan yang lalu sudah kita sampaikan sedikit tentang fungsi hati ( liver ) dalam tubuh kita. Dan untuk kali ini kita akan lebih dalam lagi membicarakan fungsi hati yang ternyata sangat kompleks dan penting bagi kehidupan seseorang. Dimana begitu banyak fungsi dan kegunaanya,silahkan disimak dan semoga bisa diambil manfaatnya.

     Hati yang dalam bahasa kedokteran ( yunani ) disebut dengan hepar, dalam bahasa inggris disebut liver dan dalam bahas arab disebut al – kabad merupakan sebuah organ tunggal yang terletak didalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya dibawah diafragma ( suatu sekat batas antara perut dan dada ) sebagai salah satu organ penting dalam tubuh, hati mempunyai fungsi yang sangat banyak dan diantaranya sebagai produsen empedu, hati memproduksi empedu 0.5 liter setiap harinya yang berfungsi untuk mencerna lemak, mengaktifkan enzim lipase, membantu menyerap zat lemak dalam  usus dan mengubah zat yang tidak larut dalam air menjadi zat yang larut dalam air. Apabila saluran empedu dihati tersumbat maka empedu akan masuk keperedaran darah sehingga kulit akan menjadi berwarna kekuningan karena cairan empedu berwarna kuning.
 
     Hati juga memproduksi zat penting lainya yang sangat dibutuhkan tubuh seperti asam amino, factor koagulasi ( pembekuan darah ), protein C, protein S, dan anti – thrombin, kalsidol, lemak trigliserida dan kolesterol. Hati juga memproduksi insulin – like growth factor 1 ( IGF – 1 ) yaitu sebuah protein polipeptida yang berperan penting dalam pertumbuhan tubuh dalam masa kanak – kanak sehingga dewasa, memproduksi enzim arginase yang mengubah arginina menjadi ornitina dan urea yang berfungsi membuang racun yang masuk kedalam tubuh. Hati mengendalikan jumlah darah yang beredar melalui trombopoietin, sebuah hormone glikoprotein yang mengendalikan produksi keping darah oleh sum – sum tulang belakang. Pada tiga bulan pertama pertumbuhan janin, hati merupakan organ utama yang memproduksi sel darah merah sebelum akhirnya produksi sel darah merah diambil alih oleh sum – sum tulang belakang.

     Disamping itu, hati juga termasuk alat ekskresi ( alat pengeluaran sampah tubuh ) hal ini karena hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan ammonia, urea dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asm amino, dan proses ini disebut detoksifikasi. Fungsi hati yang tidak kalah penting lainya adalah sebagai pembunuh penyakit, dalam jaringan hati ada sel – sel kupfer yang sangat penting dalam mengeliminasi dan mengusir penyakit dan organism asing yang masuk kedalam tubuh.  Sebagai pengatur semua fungsi tubuh, hati akan memecah dan mengolah karbohidrat, lemak dan protein agar dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Hati juga tempat tersimpanya cadangan gula, vitamin A ( selama 1 – 2 tahun ) vitamin D ( selama 1 – 4 bulan )vitamin B12 ( selama 1 – 3 tahun , zat besi, dan tembaga. Hati juga akan menghancurkan sel darah yang sudah mati atau rusak, hemoglobin yang terkandung dalam darah akan di pecah menjadi zat besi, globin dan heme. Zat besi dan globin didaur ulang sedangkan heme akan dirubah menjadi metabolit ( sampah ) untuk dibuang bersama cairan empedu sebagai blirubin dan bliverdin yang berwarna hijau kebiruan, didlam usus zat empedu ini mengalami oksidasi menjadi urobilin yang berwarna kuning sehingga warna tinja dan air seni menjadi kekuningan. Sampai saat ini belumm ada organ buatan yang mampu menggantikan fungsi hati, sehingga banyak pasien penderita gangguan hati yang berujung dengan kematian.  

Wah ternyata sangat banyak ya fungsi dan kegunaan dari organ hati ( liver ) jadi kalau sampai organ hati kita bermasalah pasti kesehatan kita juga akan bermasalah…yuk kita jaga dan kita rawat kesehatan kita..sekian semoga bermanfaat salam sehat selalu..

Terimakasih….

10 komentar:

  1. Saya jadi ingat Alm Kakek Saya, beliau meninggalkan karena kerusakan lever yang sudah akut.....

    Nice info Mas

    BalasHapus
  2. Thanks sob dah mau kunjung ke gubug ane....ya kita yang masih sehat harus lebih berhati - hati...jaga kesehatan...sukses buat ADIS OUTLINE BALI....salam sehat selalu...

    BalasHapus
  3. Semoga saja Kita semua sLLu diberikan kesehatan oleh Alloh, amien...

    BalasHapus
  4. ya semoga saja Insya Alloh...thanks dah mau kunjung ke gunug ane...salam sehat selalu..

    BalasHapus
  5. Mampir, sambil baca baca ya, artikelnya menarik dan bermanfaat, sampai kapanpun manusia butuh info kesehatan..sukses selalu

    BalasHapus
  6. Thanks sob...dah mau kunjung ke gubug ane...ya memang kita harus saling share info...sukses bwat sobat..@muro'i El - Barezy...

    BalasHapus
  7. bermanfaat banget ya sob, jadi harus lebih sering2 jaga liver deh

    BalasHapus
  8. btul skali sob...jaga baik2 jangan makan sembarangan...salam sehat selalu...

    BalasHapus
  9. saya jadi kasian sama orang yang terkena peyakit liver pasti menyakitkan

    BalasHapus
  10. Iya kang....mudah - mudahan kita diberi kesehatan terus oleh Alloh...salam sehat selalu thanks dah kunjung..

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.