Sabtu, 24 Maret 2012

HERBAL pereda DEMAM


    
      Pada pembahasan yang lalu sudah kita sampaikan tentang Demam atau manfaat Demam yang ternyata demam bukan hanya sekedar kondisi naiknya suhu badan akan tetapi demam juga juga mempunyai manfaat. Dan kali ini kita akan menyampaikan herbal apa saja yang dapat digunakan sebagai pereda demam, memang sudah banyak obat pereda demam yang ditawarkan oleh kalangan kedokteran masa kini ( kontemporer ) yang tentunya berbahan dasar kimia. Lalu herbal apa saja yang bisa membantu menurunkan panas / demam…berikut uraiannya.


     Sudah kita jelaskan pada pembahsan yang lalu bahwa demam bukanlah terkategori sebagai penyakit, melainkan reaksi tubuh dalam menghadapi ragam gangguan imunitas sehingga yang diutamakan dalam menghadapi demam adalah tetap menjaga dan meningkatkan energy serta gizi yang dibutuhkan oleh tubuh terutama penambahan asupan cairan. Dan diantara herbal yang berkhasiat untuk meredakan demam adalah :

MADU ( Mel depuratum )

Madu mengandung banyak manfaat karena madu mengandung banyak air dan fruktosa. Madu bersifat anti bakteri karena keasaman alami dan hydrogen peroksida yang dihasilkannya, mengkonsumsi madu secara teratur dapat memperkuat sel darah putih untuk melawan bakteri atau penyakit yang diakibatkan oleh virus. 3 – 7 sendok makan madu yang dicampur dengan segelas air dingin dan diminum sebelum makan dapat membantu meredakan demam,  terapi ini bermanfaat  dilakukan dipagi hari 1 jam sebelum makan sebagai detoksifikasi. Untuk informasi madu silahkan baca disini

HABBATUSSAUDA ( Nigella Sativa )

Habbatussauda bersifat panas dan kering, mengandung 15 macam asam amino, alkaloid dan saponin. Habbatussauda atau yang biasa disebut jintan hitam dapat digunakan untuk meredakan demam yang disertai batuk berdahak dan sejenisnya.  Bagi anda yang sedang terserang demam dapat menggunakan satu sendok teh serbuk habbatussauda tiga kali sehari sedangkan untuk anak – anak dapat diteteskan minyak habbatussauda 5 – 7 tetes tiga kali sehari. Habbatussauda yang dipanaskan dapat juga dihirup baunya / uapnya untuk meredakan demam yang disertai flu sedangkan minyaknya dapat dicampur air atau minyak zaitun untuk meredakan demam yang diakibatkan panas atau peradangan dilambung.

SEMANGKA  ( Citrullus vulgaris )

Buah semangka bersifat dingin dan basah, daging buah semangka juga rendah kalori, buah semangka banyak mengandung air sebesar 93,4 %, protein 0,5 %, karbohidrat 5,3 %, lemak 0,1 %, serat 0,2 %, abu 0,5 %. Semangka juga mengandung aneka macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B, dan juga vitamin C selain itu juga mengandung asam amino sitrulin, asam amino asetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, karoten, bromine, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dektrosa dan sukrosa. Buah semangka bisa digunakan untuk menurunkan demam dengan cara memakan daging buah semangka segar sebanyak 500 – 1000 gram dan dilakukan 2 – 3 kali sehari dan dapat juga dicampur dengan jahe.

MENTIMUN ( Cucumis sativus )

Sifat dari mentimun tidak jauh berbeda dengan semangka sehingga dapat pula digunakan sebagai herbal pereda demam. Timun bersifat dingin dan basah mengandung 0,65 % protein,  0,1 % lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2 %. Mentimun juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, B2 dan vitamin C. buah mentimun yang diparut lalu digunakan untuk mengompres dapat menurunkan demam dengan segera, bisa juga buah mentimun dimakan langsung untuk meredakan demam.

BAWANG MERAH ( Allium cepa )
 
Bawang merah bersifat panas dan basah, mempunyai kandungan minyak atsiri, sikloalin, metillalin, kaemferol, kuersetin dan floroglusin. Untuk meredakan demam pada anak dapat digunakan 5 butir bawang merah yang sudah dikupas kemudian diparut dan ditambahkan minyak zaitun secukupnya kemudian dibalurkan ketubuh anak terutama didaerah dahi bagian atas, punggung, perut, lengan dan telapak kaki.





Sebenarnya maih banyak jenis herbal yang berfungsi sebagai pereda demam dan yang sudah disebutkan diatas adalan herbal yang umum dan mudah didapat karena banyak dan biasa digunakan oleh kita. Cukup sekian info tentang herbal pereda demam semoga yang sedikit ini member manfaat sekian dan terimakasih.

Salam sehat selalu
   

12 komentar:

  1. Wah, pas baca judulnya ane nebak kalo bakalan herbal buatan sobb dan ternyata pas dibaca eh malah herbal alami. Memang herbal alamiyang paling ane suka hehe selain enak ( Kayak semangka dan mentimun diatas ) ttidak membuat kecanduan seperti obat buatan wkwk :D

    BalasHapus
  2. blog yang kaya manfaat sobat, semoga menjadi pencerahan bagi kita semua. pengobatan herbal, i like it :)

    BalasHapus
  3. @Blog panik....hehehehe....dikira ane mau promo ya.....ini hanya info aja barang kali manfaat buat sobat herbal semua....makasih dah mau kunjung ke gubug ane.

    @Jalma Daya....thanks sobat...atas kunjungan dan dukungannya....salam sukses buat sobat

    BalasHapus
  4. terima kasih banyak pak atas infonya... buah n sayuran (alami) memang bnyk manfaatny juga y, termasuk tuk pereda demam

    salam sukses n sehat selalu pak

    BalasHapus
  5. makasih tips shatnya bang... mungkin tips ini nanti cocok buat keluarga saya, emang herbal sekarang dah jadi trending mode daripada kimia ya bang... sip setuju banget

    BalasHapus
  6. bagus nih untuk pengganti obat :D

    BalasHapus
  7. Sepertinya bahan herbal diatas mudah didapat bang. Ini nih perlunya jika punya sahabat yg tahu tentang pengobatan tanpa obat kimia, jadi semakin tahu manfaat buah dan bahan herbal lainnya. Makasih ya bang untuk tips mengatasi demam secara alami :)

    BalasHapus
  8. @jejak puisi...sama - sama sob..semoga manfaat..

    @kang farhan...ok kang farhan semoga saja bisa manfaat buat semuanya...

    @arie5758...abang bisa aja...cuma tahu sedikit bang hehehehe...bahan memang mudah didapat...

    OK salam sehat semuan nya...

    BalasHapus
  9. Perlu sekali dicoba, supaya mengurangi asupan bahan kimia nih.

    BalasHapus
  10. @Alprablog...bisa juag sob,,,karena herbal juga obat ko..hehehe makasih ya..

    @lina@women's...silahkan dicoba mba lina...untuk mengurangi pengguaan kimia ya...

    BalasHapus
  11. ini bisa untuk anak balita gak mas/mbak?

    BalasHapus
  12. @FBA....bisa sob...ini ramuan buat anak balita sampai orang dewasa...tapi untuk balita penggunaan habbatussauda nya setengah aja dari dosis biasa...soalnya itu panas dibadan..

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.