Selasa, 10 April 2012

Bebas dari Asma


 
Jumpa lagi sobat herbal, kali ini kita akan membahas tentang ASMA akan tetapi kita akan memulai dengan menyampaikan betapa pentingnya nafas / pernafasan. Sobat herbal, boleh jadi kita mampu menahan untuk tidak minum selama 1 hari atau mungkin 2 hari, tidak makan sampai berhari – hari tetapi siapakah yang mampu menahan untuk tidak bernafas 10 menit 30 menit atau bahkan 1 jam, pasti diantara kita tidak ada yang mampu melakukannya. Dengan demikian bernafas adalah sesuatu yang sangat penting bagi tubuh dan lebih jauh lagi bagi kehidupan seseorang, bernafas adalah masuk dan keluarnya udara dalam tubuh manusia atau mahluk hidup lainnya. Pernafasan merupakan kebutuhan dasar  kesehatan, karena udara menjadi komponen penting dalam peredaran darah yang tidak pernah berhenti mengitari tubuh. Begitu pentingnya udara sehingga hidup seseorang tidaklah normal bila kebutuhan udara untuk tubuhnya tidak terpenuhi atau terganggu.


 
Sistim pernafasan manusia juga sudah dirancang dengan sangat sempurna oleh sang pencipta Alloh swt, dimana manusia menghirup udara bersih dan mengeluarkan udara kotor . bila udara yang masuk kedalam tubuh tidak bersih, dapat mempengaruhi kesehatan karena udara kotor dapat merusak system pernafasan dan dapat pula mencemari darah. Untuk itu manusia dibekali kepekaan ( sensitifitas ) terhadap lingkunganya  bahwa manusia akan pergi meninggalkan bau busuk / tak sedap. Seseorang akan merasa nyaman, bahagia apa bila berada ditempat yang sejuk dan rindang. Udara yang tercemar sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Gangguan kesehatan bisa saja terjadi akibat masuknya udara kotor yang mengandung bibit penyakit melalui salauran pernafasan, udara yang tercemarpun  dapat menganggu salauran pernafasan dan bahkan dapat merusak. Rusaknya salauran pernafasan pada giliranya akan menganggu, mempersulit masuknya udara kedalam paru – paru. Akibat lain dari terganggunya saluran pernafasan adalah memberikan keleluasaan kepada bibit penyakit untuk masuk dan kemudian merusak organ – organ penting, atau bisa juga membuat seseorang sulit bernafas secara normal / mengalami sesak nafas bahkan terkadang ketika bernafas mengeluarkan suara seperti peluit  atau yang biasa disebut mengi ( bengek ) karena aliran udara mengalami banyak hambatan.

Asma ( sesak nafas )berasal dari bahasa yunani sedangakan dalam bahasa arab disebut Ar – robwu. Selain karena rusaknya saluran pernafasan, Asma ( sesak nafas ) dapat juga terjadi karena ketegangan / stress, kurang gerak ( olah raga ), pemanis buatan ( aspartame ) , kurang gizi, merokok, menurunya antibody, pestisida, pembasmi serangga, pemakaian bedak yang berlebihan dan lain – lain.

Gangguan pernafasan / Asma dapat dihindari dengan menjaga kualitas makanan dan minuman serta menghindari aktivitas yang berlebihan. Dengan tetap menjaga kesehatan Insaya Alloh kita akan terhindar dari Asma ( gangguan pernafasan ) tanpa harus dibantu dengan obat kimia. Masalah lainnya adalah adanya keyakinan bahwa asma adalah penyakit  yang tidak bisa disembuhkan dan ada juga yang mengatakan bahwa gangguan atau kerusakan saluran pernafasan di paru – paru ini sebagai penyakit keturunan sehingga penderita asma  sangat khawatir bila penyakitnya akan menurun kepada anak – anaknya.

“ Tidak tepat mengatakan Asma sebagai penyakit keturunan “
dr. Zaidul Akbar
ketua umum ABI ( Asosiasi Bekam Indonesia )



Sebagai penutup dari ulasan ini marilah kita membiasakan hidup bersih, senantiasa menjaga lingkungan agar tetap sehat dan memberikan manfaat bagi kita dan orang lain, sekian semoga uraian ini bermanfaat.









15 komentar:

  1. Allah mengajarkan kita hidup bersih...karena besih sebagian dari iman... dengan kebersihan kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan tentu sangat dicintai oleh Allah...
    info sehat yg super sekali bang herbal...salam sukses selalu

    BalasHapus
  2. makasih kang tipsnya nih,

    kadang ga ngeroko juga satu ruangan sama yang ngeroko jadi kena dampak :(


    klo ane pribadi sering sesak ketika menghirup asap roko.

    BalasHapus
  3. @kang farhan...Alhamdulillah kang...makasih atas kunjungannya, semoga kita semua diberikan kesehatan oleh Alloh swt...amiin

    @duniasharing...iya sob kadang juga ane suka ngalami kaya gitu kalo kna asep rokok...

    makasih atas kunjungannya salam sehat

    BalasHapus
  4. tapi memnag ada yah kang asma penyakit keturunan yah ? soalnya ada temen ane sih ngerasa hehe

    BalasHapus
  5. tubuh memang tercipta dengan batasan lahiriah-nya, bila menggunakannya secara berlebihan..salah satunya ya mudah terkena penyakit asma, jadi intinya maksimalkan fungsi tubuh dan hentikan bila indikasi lelah sudah muncul...nice share post :)

    BalasHapus
  6. jadi asma itu bukan penyakit yang menurun ya, bang?

    wah mantap sekali blog pasarherbal ini,, numpang baca-baca ya,,
    monggo mampir juga d^^

    BalasHapus
  7. @blogpanik....seperti perkataan dr zaidul akbar sob...asma bukan penyakit turunan...emang siapa yang ngarasa...hehehehe...

    @blogs of hariyanto...betul sekali sobat..semuanya punya hak...kalo mata dah ngantuk dia brhak untuk tidur dst...

    @tutorial blog...yoi sob bukan penyakit keturunan...yang penting hidup sehat Insya Alloh kita terhindar dari penyakit

    BalasHapus
  8. @Fahmi setiawan...makasih sob..atas kunjungannya..salam sehat selalu

    BalasHapus
  9. Mau sehat ya biasakan aja hidup bersih sangat gampang dan mudah, tapi bagaimana dengan orang2 yg kurang mampu mau makan aja susah apalgi memilih-milih makanan, dan untuk membelinya mereka harus bercengkrama dengan barang2 kotor menjadi seorang pemulung...terima kasih infonya sobat

    BalasHapus
  10. @Harmansyah...betul sekali sobat....terkadang kita hanya pintar membuat ulasan dan teori..dan jarang sekali kita memberikan solusi untuk mereka ....ok sobat salam sukses selalu

    BalasHapus
  11. Saya korban asma sob. karena ayah saya asma jadi nurun ke saya.. tapi anehnya sekarang saya sembuh total lho.. puji Tuhan laaahh.. :)

    BalasHapus
  12. Syukur deh sob kalo dah sembuh...kalo masih ngerasa sakit disini ada ko herbal untuk asma silahkan dibaca2

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.