Sabtu, 14 April 2012

Penyebab Asma



Berbicara tentang kesehatan maka akan kita dapati banyak hal yang ternyata sangat penting untuk kita ketahui dan pada artikel kali ini kita akan melanjutkan pembahasan kita tentang Asma ( sesak nafas ) kita akan membahas hal apa saja yang menjadi penyebab / pemicu dari Asma, dengan mengetahui penyebabnya maka diharapkan kita akan terhindar dari penyakit Asma ini.


Sesak nafas ( Asma ) / Ar – Robwu pada dasarnya adalah terjadinya gangguan pada cabang – cabang saluran udara di paru – paru. Gangguan tersebut diantaranya akibat endapan lendir yang keluar dari dinding saluran tersebut dalam rangka menjerat, menerkam serta melumpuhkan bibit penyakit serta benda asing yang berpotensi merusak paru – paru. Diantara fungsi dari saluran udara pada paru – paru adalah  menyeleksi dengan cermat setiap udara yang masuk. Bila pekerjaan yang diembanya terlalu berat atau saluran ini bermasalah maka akan mengakibatkan saluran udara ini rusak, kaku dan tidak elastis, meradang dan mengeluarkan lendir  yang berlebihan sehingga menganggu aliran udara. 

Sebenarnya sistim immun pada saluran pernafasan sangat baik, lendir yang keluar dari dinding saluran udara kelak akan dilempar keluar melalui batuk. Namun akibat kelemahan dan kesalahan kita, lendir tidak berhasil terdorong keluar dan akhirnya mengendap diarea saluran nafas yang lambat laun semakin menebal yang akhirnya akan menganggu aliran udara, baik udara yang bersih ( O2 ) atau keluarnya udara kotor ( Co2 ).
dan berikut ini adalah beberapa pemyebab mengapa seseorang bisa terkena Asma / sesak nafas :

Polusi

Menurut para ahli lingkungan, kondisi ideal dari sebuah kota adalah terdiri dari 25 % hutan lindung          ( taman kota ) yang berfungsi sebagai  paru – paru kota dan selebihnya bangunan perumahan / perkantoran yang tentunya didukung dengan sistem pembuangan air kotor yang baik sehingga tidak terjadi  penggenangan air kotor yang pada akhirnya berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan. Hal ini sebenarnya sudah tertuang  didalam RUTR ( Rancangan Umum Tata Ruang ) dan RUTD                    ( Rancangan Umum Tata Daerah , dengan pengaturan tata kota yang baik diharapkan kota akan terasa segar dan nyaman sehingga mampu mengimbangi polusi udara yang mungkin timbul akibat penggunaan kendaraan bermotor. Sementara kota – kota besar di Indonesia dinilai belum memenuhi standar ideal bahkan jauh dari nilai ideal, sebagai contoh kota Jakarta yang merupakan kota terpadat di Indonesia disiang hari mencapai 12 juta jiwa yang beraktivitas di kota Jakarta akan tetapi kawasan hijau / paru – paru kota hanya sebesar 2.5 % bukan 25 % sehingga 97.5 % nya wilayah Jakarta dipenuhi hutan beton, bangunan perkantoran dan sebagian pabrik, yang pada akhirnya mengahantarkan kota Jakarta sebagai kota dengan tingkat polusi tertinggi no 5 didunia.

Tempat tinggal dan lingkungan kotor

Sudah seharusnya kita menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terutama kebesihan tempat tinggal karena tempat tinggal yang kotor lembab dan pengap akan berdampak buruk bagi kesehatan penghuninya. Sirkulasi udara dalam rumahpun harus berjalan dengan baik, begitu pula cahaya matahari harus sebisa mungkin masuk kedalam ruangan rumah kita. Kondisi tempat tinggal yang kurang baik sirkulasi udaranya akan membahayakan saluran pernafasan  dan bahkan bisa melukai. Bila bau tak sedap dan debu masuk kesalauran pernafasan dalam jangka waktu yang panjang tentunya akan membuat tubuh kita kelelahan khususnya organ pernafasan yang harus bekerja ekstra keras setiap hari sepanjang tahun, yang akhirnya salauran pernafasan akan senantiasa mengeluarkan lendir demi untuk menyaring setiap udara yang masuk.

Pemanis Buatan

Pemanis buatan ( sintetis )ternyata membawa implikasi yang buruk bagi kesahatan, khususnya saluran pernafasan. Di Eropa dan Amerika peredaran pemanis buatan seperti aspartam, sakarin, siklamat, sukralosa, xylitol atau sorbitol mendapat protes keras dari sejumlah ahli kesahatan. Diantaranya protes yang dilontarkan ahli kesehatan Amerika Ralph G Walton MD dan HJ Robert MD dalam tulisanya yang dirilis sejumlah media di Amerika keduanya menyerukan bahaya penggunaan pemanis buatan terutama Aspartam bagi kesehatan karena dampak buruk dari Aspartam adalah menimbulkan sesak nafas               ( Asma ).

Aspartam memiliki rasa manis 180 – 200 kali lipat dari rasa manis asli, untuk itu penggunaanya sangat menguntungkan bagi produsen minuman / softdrink karana aspartam sangat cocok untuk produk minuman yang disimpan dalam pendingin. Karena pemanis buatan yang sudah digunakan lebih dari 6000 produk makanan dan minuman diseluruh dunia ini tidak tahan dengan suhu panas, bahkan rasa manisnya bisa hilang pada suhu 30 derajat celcius biasanya Aspartam dijual dengan merk dagang Equal, nutrasweet, canderal atau spoonful. Diantara bahan dasar Aspartam adalah Asam amino essensial fenilalanina yang dicurigai dapat tertimbun dan merusak pembuluh darah.

Gizi Buruk

Tidak ada orang yang sehat bila kekurangan makan dan minum, apalagi sangat minim mengkonsumsi gizi yang baik, karena itu siapapun yang kekurangan gizi dan nutrisi akan mengalami penurunan kesehatan dan mudah sakit – sakitan. Bila organ saluran pernafasan yang bercabang – cabang diparu – paru kekurangan gizi trtentu khusunya dari unsur daging, susu, buah dan sayur – sayuran tentunya tidak dapat bekerja optimal maka sering kita dapati masyarakat yang mengalami gizi buruk banyak yang mengalami gangguan saluran pernafasan ( Asma ).

Pembasmi serangga

Penggunaan pembasmi serangga sebaiknya mendapat perhatian, karena pembasmi serangga pada umumnya terbuat dari bahan – bahan insektisida beracun diantaranya propoxur, transfluthrin dan DDVP ( Dichlorovynil dimetil prosfat ). Propoxur adalah senyawa karbamat diantaranya adalah senyawa MIC yang pernah menewaskan ribuan oarng dan kerusakan syaraf bagi korban hidup dalam peristiwa Bhopal di India sedangkan DDVP adalah bahan turunan dari klorin, WHO menempatkan DDVP sebagai racun kelas 1 ( paling berbahaya ) 

“ Satu gulung obat nyamuk bakar daya rusaknya terhadap paru – paru dan saluran pernafasan adalah setara dengan menghisap 400 batang rokok “
Sandeep salvi
( Direktur Chest Research Foundaton, Malaysia )


Stress

Tegang ( stress ) begitu mudah menguras energy tubuh sehingga seseorang bisa lemas dan lunglai, termasuk organ pernafasannya tidak berdaya menarik dan mengeluarkan udara. Dan dari hasil sejumlah penelitian menunjukkan bahwa tekanan jiwa sangat mudah memicu asma ( sesak nafas ) namun keluhan tersebut bersifat sementara dan akan hilang seiring dengan hilangnya rasa tegang / stress sebagaimana yang dirilis VIVA news dari laman Dailymail bahwa hasil penelitian dari Universitas Heidelberg Jerman terhadap 5000 pria dan wanita pekerja usia 40 – 65 tahun selama 8 tahun, menunjukan bahwa 40 % responden mengalami gangguan saluran pernafasan setelah bekerja dengan beban yang berat dan tidak mampu bersantai selepas bekerja.

Ini adalah beberapa hal yang dianggap sebagai pemicu Asma, untuk itu mulailah kita menjalankan pola hidup sehat agar kita terhindar dari sebala macam penyakit khusunya Asma. Semoga uraian ini bermanfaat.

Disarikan dari tabloid Bekam


24 komentar:

  1. lengkap banget pak... mantap... datang kemari selalu saja disuguhi oleh info2 kesehatan yg menarik. makasih banyak y pak.

    salam sukses n sehat selalu... ;)

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya bang.... saya baru tau kalau pemanis buatan bisa jadi penyebab asma...

    BalasHapus
  3. wahhh syukurlah ane kagak ada pernah trkena penyakit asma. semoga saja ane selalu sehat2 aja....

    dan makasih ya bang infonya....

    BalasHapus
  4. @uniknya...OK sobat...semoga sesahat selalu ya..

    @zhey five...hhehe...makasih sob atas kunjungannya...

    salam sehat semua..

    BalasHapus
  5. sangat bermanfaat sekali inpo sehat dari bang herbal... sangat membantu untuk lebih hidup sehat bebas asma...

    BalasHapus
  6. Informasi yang menambah pengetahuan bang, saya baru tahu stress juga bisa menyebabkan Asma, lengkap banget, thanks for share

    saya tunggu komentar baliknya di blog saya thanks

    BalasHapus
  7. @kang farhan...makasih kang farhan...semoga kita selalu diberikan kesehatan...

    @Harmansyah...yoi sob...jaga pola hidup biar ga stress....salam sehat

    BalasHapus
  8. om herbal..
    saya dulu pernah punya temen yang sakit asma, setahu saya dan setelah baca-baca penjelasan di atas, asma kan lebih di sebabin karena faktor lingkungan yah om? seperti terlalu banyak debu misalnya..
    tapi temenku itu kok tiap kali kedinginan selalu kambuh ya om asmanya?
    tiap kali keujanan mukanya langsung pucet, sampe pingsan juga pernah..

    BalasHapus
  9. @cacicu...betul sobat...penyebab asma lebih kepada faktor lingkungan yang kurang bersih...orang yang menderita asma maka akan mengalami penyempitan pada saluran pernafasan, dan salah satu pemicu dari menyempitnya saluran broncus adalah udara yang terlalu dingin...bila sudah menyempit maka dia akan sesak nafas/asma..dan bisa pingsan....

    BalasHapus
  10. jadi tiap kali kena dingin, saluran pernafasannya akan menyempit gitu om??
    terus klo dia emang tinggal di daerah yang dingin, kayak malang gini misalnya, dia akan kambuh terus gitu om?
    *kasiiaann.. T_T

    tapi ada juga sepupu saya om, dia anak surabaya, tiap kali kunjung ke malang selalu kambuh, ujung-ujungnya malah ke rumah sakit, gak jadi liburan, tapi setelah menetap disini, lama-lama dia kayak udah terbiasa sama dinginnya om, apa itu berarti saluran pernafasannya udah gak bakal menyempit lagi?

    BalasHapus
  11. bisa juga sob...sesuatu yang terlalu dan datang tiba - tiba bisa menjadi pemicu....misalnya kita yang baru berolah raga badan akan terasa panas lalu kita minum air yang terlalu dingin maka kita akan mengalami sesak nafas walupun untuk beberapa saat saja...tapi untuk mereka yang punya keluhan pada saluran pernafasan hal seperti itu bisa membahayakan kesehatannya...

    kalo sepupu sobat mungkin pada awalnya akan terpengaruh dengan udara dingin dimalang...karena sudah lama sehingga terbiasa...

    BalasHapus
  12. ooohhh gitu yah om??
    terus ada lagi yang bilang klo salah satu cara buat nyembuhin asma musti rajin-rajin renang, itu bener nggak sih om?
    klo di pikir-pikir kan klo dipakek renang atau terlalu lama berada di kolam renang juga dingin, apa gak malah bahaya tuh om? :O

    BalasHapus
  13. Betul banget tuh sob....dan lagi saya tulis nih tentang manfaat renang bagi penderita asma....kira - kira bahaya gak ya..? kita tunggu aja yach postingan nya xixixxi...makasih dah menyempatkan berkunjung ke gubug ini salam sehat

    BalasHapus
  14. yaahhh..
    klo jawabnya gitu, berarti secara nggak langsung udah suruh stop nih komengnya . XD
    iya deh om..
    maaf udah bolak-balik ngoceh disini . :)

    BalasHapus
  15. Hehehehe...gak juga sob....soalnya ane juga belom baca semuanya nih bahan artikelnya....jadi belum tau apa iya renang bisa bikin sehat dan baik buat penderita asma....

    tetap semangat dan sukses selalu

    BalasHapus
  16. ohhahaha..
    iyadeh, ditunggu postingan yang bahas soal pertanyaan itu yah om . XD

    BalasHapus
  17. ok Insya Alloh besok tayang....

    BalasHapus
  18. asma .. wah ,kasian >_<

    jawab yukss http://kreasiisengmiti.blogspot.com/2012/09/haaduhh-aku-keassssikan-internetan.html .

    BalasHapus
  19. om qlo cara ngobatin asma pakek jintan hitam itu gmn??

    BalasHapus
  20. @nahar rahmawati...makasih ya sudah berkunjung...caranya jintan hitam diminum aja, sekarang banyak kok dijual di toko herbal ataw bisa dengan cara jintannya dipanaskan lalu uapnya kita hirup

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.