Kamis, 29 Desember 2011

Kulit Pisang


     Sobat herbal, kali ini kita akan membahas manfaat dan khasiat kulit buah pisang, selain daging buahnya yang nikmat dan lezat buah pisang ternyata menyimpan aneka manfaat didalam kulitnya, apa saja manfaat dan khasiatnya, mari kita simak uraian singkat tentang kulit buah pisang.

     Kulit pisang dapat digunakn sebagai krim anti nyamuk, membantu system syaraf, membantu perokok menghilangkan pengaruh nikotin, mencegah stress, mencegah stroke, mengatur suhu badan teutama bagi ibu hamil, menetralkan keasaman asam lambung dan lain sebagainya.

BERIKUT ADALAH BEBERAPA RAMUAN KULIT PISANG

1.       Menghaluskan kulit wajah

Oleskan bagian dalam kulit pisang pada kulit wajah anda minimal 2 kali sehari pagi dan sore lalu basuh dengan air hangat, lakukan yang seperti ini sampai kita merasakan ada perubahan pada wajah kita, aktivitas ini juga bisa menghilangkan bekas jerawat dan bekas cacar air.

2.       Mengatasi depresi

Para ahli menyarankan untuk meminum air rebusan kulit pisang atau membuatnya dalam bentuk jus segar selama beberapa kali dalam seminggu, rendahnya kadar serotonin didalam otak akan menyebabkan timbulnya depresi dan serotonin yang cukup akan membuat seseorang menjadi tenang dan rileks, karena berdasarkan penelitian para ahli dari universitas kedokteran Taichung  chung  shan, Taiwan diketahui bahwa selain kaya akan vitamin B6, kulit pisang juga banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood.

3.       Menjaga retina mata dari kerusakan cahaya

Dalam studi klinis yang dilakukan, para peneliti membandingkan efek ekstrak kulit pisang bagi retina mata pada kedua kelompok, petama adalah kelompok control dan yang kedua adalah kelompok responden yang diberi ekstrak kulit pisang lalu dipapari cahaya selama 6 jam dalam dua hari, dan hasilnya mereka yang tidak diberikan ekstrak kulit pisang mengalami kerusakan pada retina mata.
4.       Kulit pisang dapat mengatasi gigitan nyamuk dengan cara oleskan kulit pisang bagiandalam kedaerah yang terkena gigitan.

5.       Penyubur rambut

Jemur lima buah kulit pisang mas sampai kering, lalu tumbuk hingga halus dan menjadi serbuk lalu tambahkan satu butir telur ayam ( ambil kuningnya ) lalu campurkan sedikit air dan aduk sampai merata kemudian oleskan ramuan tadi pada rambut anda dan akan anda dapati rambut menjadi lebih hitan dan berkilau.

6.       Sariawan usus ( luka pada usus )

Siapkan kulit pisang batu yang sudah masak dan buah pisang batu yang masih mentah, kemudian di iris tipis dan ditumbuk sampai halus kemudian diperas untuk mengambil airnya. Air perasan tadi di embunkan selama satu malam di area terbuka lalu diminum setelah bangunn tidur / dipagi hari.

7.       Menghaluskan telapak tangan dan kaki

Dengan cara mengosaok – gosokan kulit pisang mas bagian dalam pada kulit tangan dan kaki yang kasar dan pecah – pecah.

Mungkin sampai disini dulu sobat  herbal dan tips yang lainya akan kita bahas pada kempatan yang akan datang…

0 komentar:

Posting Komentar

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.