Selasa, 06 Desember 2011

Manfaat Buah Kurma


Setiap daerah atau Negara biasanya memillki buah atau panganan yang khas yang kemudian menjadi ciri dari daerah atau Negara tersebut. Salah satu dari buah yang kemudian menjadi ciri khas suatu daerah atau bahkan Negara adalah buah kurma. Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah yang berwarna coklat kehitaman serta rasa yang manis telah menjadi ciri tersendiri bagi wilayah dikawasan arab. Tidak lengkap rasanya apabila kita berkunjung ke Negara – Negara arab namun tidak membawa buah yang satu ini sebagai oleh – oleh. Bagi sebagian besar umat Islam di Indonesiapun rasanya tidak lengkap apabila menu berbuka puasa di bulan suci ramadhan tidak disertai buah kurma.

Buah kurma selain rasanya yang manis serta teksturnya yang lembut ternyata juga sangat kaya dengan unsur kalsium dan zat besi. Kadar zat besi dan kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga seorang ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Oleh karna itu buah kurma sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil dan yang akan melahirkan. Kurma dapat mencegah terjadinya pendarahan bagi wanita ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala. Hal ini dikarenakan buah kurma mengandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kelahiran.
Selain itu buah kurma juga dapat menguatkan sel – sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut – serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus.
Buah kurma juga mampu menenangkan sel sel saraf melalui pengaruhya terhadap kelenjar gondok, oleh karena itu para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa butir buah kurma dipagi hari kepada anak – anak dan orang yang lanjut usia agar kondisi kejiwaanya lebih baik.
Buah kurma juga kaya dengan zat garam mineral seperti kalsium dan potasium yang dapat menetralisasi zat asam yang ada pada perut.
Dan buah kurma mengandung Vitamin A yang dapat memlihara kelembaban mata dan menguatkan penglihatan.  
Untuk anda semua yang memang suka mengkonsumsi buah kuma dan sudah menjadi kebiasaan setiap harinya, terus dan lanjutkan kebiasaan anda dan untuk kita yang belum terbiasa atau mungkin tidak suka dengan buah kurma mulailah untuk berfikir bagaimana agar kita suka dan terbiasa dengan buah kurma.
Salam sehat selalu…..

2 komentar:

  1. wah ternyata banyak juga ya manfaat buah kurma selain rasanya yg manis..

    BalasHapus
  2. @ikbal gusri....betul sob...buah yang bermanfaat....thanks dah berkunjung....

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.