Senin, 12 Desember 2011

Manfaat Habbatussauda bagi Kanker ( payudara )


Dalam postingan yang lalu kita sudah membahas sedikit tentang Habbatussauda, kali ini kita akan sidikit berbicara tentang manfaat Habbatussauda bagi penderita Kanker khususnya kanker payudara.
Langsung saja kita masuk ke pokok bahasan, Effect of Nigela sativa ( N. Sativa L. ) and oxidative sress on the survival patten of MCF – 7 breast cancer cells. Farah, -I-O : Begum, - R-A Biomed – Sci- Instrum, 2003 : 39: 359-64.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa habbatussauda, baik sendiri maupun dipadukan dengan anti oxidative stress ditemukan efektif secara invitro untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara MCF-7, Hal ini membuka kemungkinan bagi digunakanya Habbatussauda sebagai bahan terapi maupun sebagai pencegah kanker.
Habbatussauda juga terbukti mamapu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh ( imunitas )terhadap penyakit. ( U.S Patents sections, Antivial Agents Buletin # 5.482.711 )
Habbatussauda juga mampu menstimulasi sumsum tulang dan sel imun, serta mampu ,melindungi sel normal ( sehat ) dalam melawan virus/sel- sel tumor dan memacu produksi sel limposit B. Hasil riset dari :  ( Cancer Immunobiology Laboratory, South California USA ).
Habbatussauda juga mempunyai peranan penting dalam penyembuhan kanker, AIDS  dan penyakit lainya yang berhubungan dengan system kekebalan tubuh, sebagai mana dijelaskan dalam hasil riset Saudi Pharmaceutical journal tahun 1993 oleh Dr. Basil ali dan rekan – rekannya dari College of Medicine, King Faisal University.
Habbatussauda juga terbukti mampu melawan kanker dengan aktivitas Anti-Angiogenic ( International Immunobiology Research Laboratory , South California USA ).
Penelitian efek anti kanker dari serbuk, minyak dan komponen habbatussauda terhadap beberapa Multi Drug Resisten ( MDR ) human tumor cell lines. Hasilnya menunjukan bahwa habbatussauda memiliki efek cytotoxic terhadap beberapa type human tumor cells.  ( The anti-tumor activity of some crude and purified components of blackseed, Nigela sativa L, - Worten DR. Ghosheh OA. Crooks PA. – Natural products chemistry Laboratory, Tobacco and Health Research Institute, Lexington, KY 40536 USA. Anticancer Res 1998 May – Jun 18 (3A ) : 1527 – 32 ).
Penelitian yang menunjukan efek fermakologi Habbatussauda dalam melindungi ginjal dan hepar ( liver )  Penelitian juga mengungkap khasiat Habbatussauda yang ternyata juga berfungsi sebagai antiradang, analgesic, antipiretik, antimikroba dan antikanker dari serbuk maupun minyak habbatussauda.  Minyak Habbatussauda juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan respirasi serta mengurangi konsentrasi kolesterol, trigliserid dan glukosa dalam plasma darah. Riset ini juga menunjukan bahwa toxocitas habbatussauda sangat rendah sehingga tidak berefek samping terhadap liver maupun ginjal ( pharmacological properties of Nigela sativa, Ali BH, Blunden G. – Department of Veterinary Medicine, King Saud University, Buraydah, Al Gaseem 81999, Saudi Arabia – Phytother Res 2003 Apr : 17 ( 4 ) : 299-305 ).
Sekian dulu semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam dunia Herbal.

2 komentar:

  1. habbatusudah salah satu tanaman obat yang bermnfaat bagi kesehatan tubuh

    BalasHapus
  2. @pondokibu
    betul sobat...ayo kita konsumsi hababatussauda

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.