Selasa, 01 Mei 2012

Herbal untuk Asma


Sudah kita bahas pada postingan yang lalu tentang penyebab asma, dan pada kesempatan kali ini kita akan menyampaikan jenis herbal apa saja yang dapat digunakan untuk mengobati asma atau setidaknya meringankan  efek dari asma. Sebenarnya banyak sekali herbal alami yang dapat kita gunakan untuk mengobati asma tanpa harus menggunakan obat – obatan  kimia, dan diantaranya adalah sebagai berikut :


Biji Selada Air  ( Habb Al Rashaad )

Biji selada air atau Tsifa dan dalam bahas Inggris disebut cress dan memiliki nama latin lepidium sativum atau Nusturtium.  Ahli pengobatan Islam Ibnu Qoyyim mengatakan bahwa biji selada air dapat mengobati asma, sesak nafas dan kelainan limpa. Dapat juga digunakan sebagai pembersih paru – paru dan melancarkan buang air.




Jintan Hitam ( Habbatussauda ) 

Imam Ibnu Qoyyim mengatakan bahwa jintan hitam berkhasiat untuk menghilangkan gas, demam yang diasertai batuk berdahak, membuka sumbatan dan mengobati masuk angin. Jintan hitam bersifat membersihkan, memotong dan mengurai. Bila uapnya dihirup berkhasiat mengobati pilek dingin. Dr. Peter Schlincher, Imunolog asal MUNICH Jerman mengatakan bahwa jintan hitam terbukti memiliki efek anti histamine, anti oksodan, anti mikotik dan efek bronchodilating ( melegakan saluran bronchus )

Madu ( Al – ‘Asl )

John Hill dalam bukunya merekomendasikan penggunaan madu dalam pengobatan asma denghan cara minum madu tiga kali sehari dicampur dengan bubuk kunyit dan dicampur dengan susu kambing. Atau dengan cara mencampur satu semdok makan madu dengan bubuk kayu manis dan minum pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari sebelum sarapan. Imam Ibnu Qoyyim mengatakan bahwa madu yang baik adalah yang palling jernih ( tidak kotor ), paling putih dan paling manis serta tidak berbau tajam.

Kapulaga

Kapulaga mengandung minyak atsiri yang berkhasiat untuk mengencerkan dahak, memudahkan pengeluaran angin dari perut, menghangatkan, membersihkan darah, menghilangkan rasa sakit dan mengharumkan. Minyak atsiri mengandung 5 zat utama salah satunya adalah borneol yan berbau kamper yang terbukti ampuh untuk melegakan saluran pernafasan yang tersumbat lendir ( dahak )






Jahe ( Zanjabil )

Ibnu Qoyyim dalam buku Ath- Thibbun Nabawi mengatakan bahwa jahe dapat membuka penyumbatan, menghilangkan dahak dan kelembaban yang tersembunyi didalam lambung. Jahe banyak sekali jenis dan macamnya dan dari semuanya itu jahe merah adalah yang paling baik untuk dijadikan obat karena kandungan minyak atsiri, gingeral dan oleoresin yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis jahe yang lain.





Susu kambing

Ibnu Qoyyim mengatakan bahwa susu kambing bersifat lembut dan netral bisa melemaskan otot perut, melembabkan tubuh yang kering, mengobati luka pada tenggorokan, batuk kering dan pendarahan. Susu kambing dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Flourin yang terdapat pada susu kambing bersifat antiseptic dan anti alergi yang dapat mengaktifkan kerja sel – sel imunitas, sehingga infeksi sekunder yang biasa terjadi ketika daya tahan tubuh menurun dapat dicegah. Susu kambing lebih mudah dicerna dibandingkan jenis susu hewani lainnya.




Senggugu ( Clerodendron serratum )

Senggugu banyak digunakan sebagai obat gurah yang berfungsi untuk menjernihkan suara dan mengeluarkan lendir dari tenggorokan dengan cara kulit akan pohon senggugu ditumbuk dan diseduh dengan air kemudian diteteskan kedalam hidung dan dapat juga diminum sebagai terapi pengobatan asma.



Kunyit putih

Kunyit putih mengandung minyak atsiri yang terdiri atas curdione curcumol. Zat antioksidan pada kunyit berfungsi mencegah kerusakan asam deoksribo-nukleat ( senyawa yang menyusun gen ) dan kerusakan gen adalah salah satu penyebab terjadinya asma. Kandungan yang terdapat didalam kunyit putih sangat berperan dalam memerangi asma yaitu mencegah kerusakan gen dan mencegah peradangan dengan cara 200 grm rimpang kunyit putih yang sudah dikupas dan dicuci kemudian diparut lalu diperas, air perasan dihangatkan dan diminum dalam keadaan hangat seriap hari.

Kemukus ( kubabah )

Kemukus mengandung saponin dan flanovoida serta minyak atsiri. Buah kemukus sangat baik untuk mengobati asma ( sesak nafas ), menghangatkan badan dan menghilangkan bau mulut. Untuk mengobati sesak nafas dengan cara 15 grm serbuk biji kemukus dilarutkan kedalam 1 gelas air panas, setelah dingin disaring dan diminum dengan 1 sendok makan madu murni dan ramuan ini diminum setiap pagi dan sore. 

Demikian beberapa tanaman obat herbal yang dapat digunakan sebagai pencegah asma dan obat untuk penyakit asma, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Sumber : Tabloid Bekam

15 komentar:

  1. kebetulan saya juga punya asma.. saya akan coba pake ramuan diatas..

    bosen juga dengerin mitos nya ibu, katanya kalo orang sakit asma, harus minum kencing ibunya..

    beeeh, ogah saya, mendingan nyobain ini.. makasih ya pasar,,

    BalasHapus
  2. silahkan dicoba sob...emang ada ya mitos kaya gitu...semoga sehat ya sobat sekeluarga....

    BalasHapus
  3. wah informasi bagus nih , teman saya ada yang asma soalnya , nice info.. kunjungan perdana! hehe

    BalasHapus
  4. @Hisyam fikri...Alhamdulillah sob semoga bermanfaat...thaks atas kunjungan nya....salam sehat

    BalasHapus
  5. wahhh banyak juga pengobatan secara alami tuk penyakit asma....

    makasih infonya sob...

    BalasHapus
  6. @Zhey five....iya sob banyak resep alami sebagai pengganti obat kimia

    @oleh - oleh medan....makasih sob...sehat selalu buat sobat

    BalasHapus
  7. kakak saya mengidap asma..moga moga herbal-nya bisa berfungsi untuk-nya :)

    BalasHapus
  8. Informasi yang sangat bermanfaat sobat, ijin nyimak, siapa suatu saat disekitar saya ada yg kena asma, jd bs bantu

    BalasHapus
  9. @Blogs of Haryanto...semoga saja sobat...dan semoga kakak sobat lekas sembuh...salam sehat

    @ARMAN....silahkan sob dan semoga nenar - nenar bermanfaat....

    BalasHapus
  10. wow... semuanya herbal y kang.... tips kesehatan yg masih alami benar.

    makasih kang, semoga bermanfaat. happy blogging

    ~maaf nih baru hadir lagi :D~

    BalasHapus
  11. konon yg kena asma itu biasanya krn tidak patuh sama ortu

    BalasHapus
  12. @ Jejak puisi...yoi sobat....herbal alami..makasih ya

    @ anonim...bisa juga begitu kali ya sob...hehehehe...salam sehat

    BalasHapus
  13. informasi yang sangat bermanfaat kawan :)

    BalasHapus
  14. @Obat Tipes Alami

    makasih sob...salam sehat selalu

    BalasHapus

Sehat Bersama Herbal Slideshow: Pasar’s trip to Bekasi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bekasi slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.